by

Tongkat Komando Pangdam XVI/Pattimura Berpindah Tangan

Ambon, BKATongkat Komando Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura secara resmi dipindahtangankan dari Mayjen TNI Marga Taufiq kepada Mayjen TNI Agus Rohman, Rabu (29/07).

Sebelumnya, jabatan Pangdam XVI/Pattimura telah dilakukan proses serahterima yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, pada 24 Juli lalu.

Namun sudah menjadi tradisi dijajaran Kodam XVI/Pattimura, setiap kali pergantian pejabat baru, dilakukan proses penyambutan. Demikian juga dengan Mayjen TNI Agus Rohman yang akan memulai tugasnya sebagai Pangdam baru di Maluku.

Prosesi penyambutan Lulusan Akademi Militer Tahun 1988 itu dilaksanakan dengan pengalungan kain tenun, yang dilakukan oleh Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Gabriel Lema. Sedangkan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny. Herati Agus Rohman, menerima buket bunga cengkeh dari Ny. Alin Lusiawati Gabriel Lema di depan pintu gerbang Makodam XVI/Pattimura.

Drumband Yonif Raider 733/Masariku dan deretan personil sambil menyanyikan lagu “Selamat Datang” mengiringi langkah Pangdam XVI/Pattimura beserta istri Ny. Herati Agus Rohman, ketika berjalan memasuki Makodam.

Seluruh Pejabat Utama Kodam XVI/Pattimura dan keluarga Besar Kodam XVI/Pattimura, baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, turut mengiringi kedatangan Pangdam.

Usai prosesi jajar kehormatan, Pangdam beserta istri langsung memasuki gedung utama Makodam XVI/Pattimura.

Sebelum memasuki gedung utama, Pangdam beserta istri disambut tarian khas Maluku, yaitu, Tarian Cakalele.

Cakalele merupakan tarian perang tradisional Maluku yang digunakan untuk menyambut tamu ataupun dalam perayaan adat. Tarian ini dibawakan oleh Prajurit Yonif Raider 733/Masariku.

Para penari mengenakan parang dan salawaku (perisai). Pedang atau parang pada tangan kanan penari melambangkan martabat penduduk Maluku yang harus dijaga sampai mati. Sedangkan perisai dan teriakan keras para penari melambangkan semangat masyarakat Maluku.

Sebelum menjabat Pangdam XVI/Pattimra, Mayjen TNI Agus Rohman menjabat sebagai Pangdiv 1 Kostrad. Sedangkan Mayjen TNI Marga Taufiq selanjutnya mengembang jabatan baru sebagai Pa Ahli Kasad TK III Bidang Sosbud Hankam dan Narkoba.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan, mengatakan, Acara penyambutan Pangdam XVI/Pattimura dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura yang baru, berlangsung meriah meskipun ditengah pandemi Covid-19.

“Walau begitu, semuanya dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.(BKA-1/Pengdam16)

Profil Pangdam

*Mayor Jenderal TNI Agus Rohman, S.I.P., M.I.P.
*Lahir di Bandung, Jawa Barat, 15 Agustus 1963
*Danyonif Linud 305/Tengkorak (2002—2005)
*Dandim 0504/Jakarta Selatan (2005—2007)
*Dandim 0501/Jakarta Pusat (2007—2008)
*Asops Danpaspampres (2008—2009)
*Ajudan Presiden RI (2009—2012)
*Danrem 061/Surya Kencana (2012—2013)
*Kasdivif 1/Kostrad (2013—2015)
*Kadisjasad (2015—2018)
*Pangdivif 1/Kostrad (2018—)
*Pangdam XVI/Pattimura (2020—)

Comment