by

TP-PKK Malra Komitmen Dukung Program KPU

AMBON-BKA, TP-PKK Kabupaten Maluku Tenggara menyatakan komitmennya, untuk mendukung Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Basis Keluarga Perempuan Sadar Pemilu.

Komitmen itu ditunjukan dengan penandanganan MoU yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Malra, Eva Eliya Hanubun, bersama Ketua KPUD Malra, Basuki Rahman Oat, terkait realisasi program tersebut, di Aula Kantor Bupati Malra, 4 Agustus 2021 lalu.

Ketua KPUD Malra, Basuki Rahman Oat, mengatakan, alasan KPU menggandeng TP PKK untuk meralisasikan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Basis Keluarga Perempuan Sadar Pemilu, karena basis mereka adalah perempuan.

Baca juga: DPRD Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2020

Perempuan merupakan pemilih yang jumlahnya besar, tetapi partisipasinya kurang dalam pelaksanaan Pemilu. “Karena itu, KPU menggandeng TP PKK untuk menumbuhkan partisipasi pemilih perempuan,” ungkap Oat.

Menurutnya, struktur TP PKK yang jelas hingga ke tingkat desa, yang akan disasar KPU dalam rangka meningkatkan partisipasi perempuan di tingkat desa maupun kelurahan.

Bahkan, katanya, telah ada beberapa desa di Malra yang akan diajukan sebagai pilot project desa peduli pemilu dan pemilihan.

“Ada beberapa desa yang sudah kami bicarakan bersama, kami akan bertemu lagi bersama TP-PKK Malra untuk menetapkan desa-desa tersebut. Jadi tidak banyak desa, karena salah satu kriteria adalah desa yang mudah diakses atau dijangkau,” tandas Oat.(RHM)

Comment