by

TPU Hunuth Akan Dibangun Talud

beritakotaambon.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, akan membangun talud mengelilingi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Khusus Covid-19 di Kawasan Hunuth/Durian Patah, Kecamatan Teluk Ambon.

“Memang kita sudah programkan di 2021 untuk APBD Perubahan, nantinya untuk bikin talud dan juga untuk pematangan lahan,” terang Kepala Dinas PRKP Kota Ambon, Rustam Simanjuntak, kepada wartawan, Kamis (9/9).

Hal ini lanjut dia, telah diusulkan ke Pemerintah Pusat dan diharapkan dapat ditanggapi. “Mudah-mudahan disetujui, karena kita anggarkan untuk APBD Perubahan di tahun 2021,” bebernya.

Baca juga:
Desak Walikota Tolak Penghapusan Premium

Rustam meminta masyarakat sekitar untuk tetap bersabar. “Saya berpikir kita harus bersabar, ini kan ada proses. Baru kita kemarin itu baru PKS dan lain-lain kan,” sebutnya.

Disinggung jumlah anggaran yang nanti digunakan dalam pembangunan talud tersebut, Rustam mengaku, anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 500.000.000. “Kita anggarkan 500 juta untuk pembangunan ini,” terangnya.

Dikatakan, pembangunan talud tidak begitu lama. Dan hingga saat ini, lahan TPU Khusus Covid-19 ini sudah menampung sebanyak 129 jenazah Covid-19. Baik yang beragama Muslim maupun Kristen.

“Pekerjaannya kan cepat saja. Asalkan yang paling penting, itu bisa disetujui dulu. Dan 129 jenazah ini tak hanya orang Ambon saja, ada dari kota lain. Dari Maluku Tengah, ada dari Namrole. Pokoknya dari kota lain lah. Kalau untuk Kota Ambon sendiri itu ada 98, sisanya dari kota lain,” ungkap Rustam.

Baca juga:
Pemkot Tunggu Pansel Setkot dari Pemprov

Ia menambahkan, untuk lahan seluas 1,8 hektar itu, masih terisi sedikit. Sehingga lahan TPU Khusus itu bisa juga diperuntukkan untuk pemakaman umum selain jenazah Covid-19.

“Ini kan sejak awal TPU bukan khusus Covid-19. Jadi, yang umum juga bisa disemayamkan disini (TPU Hunuth). Tanpa perlu takut hal lain, termasuk dengan akan terjadinya longsor akibat hujan,” tutupnya. (IAN)

Comment