by

Tunggu Intruksi Pemkot Untuk Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Meskipun Pemerintah Pusat (Pempus) telah mengijinkan pembelajaran tatap muka pada 2021 mendatang, namun sekolah akan tetap menunggu intruksi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Apalagi kewenangan penentuan itu dikembalikan pemerintah pusat kepada masing-masing pemerintah daerah.

Kepala SD Negeri 96 Ambon, J. Sialana, mengatakan, proses pembelajaran di tengah Covid-19 hingga saat ini, terus disesuaikan dengan intruksi Pemkot Ambon.

Untuk itu, pihaknya tidak mau mengambil kebijakan sendiri, tanpa adanya intruksi dari pemerintah. “Kita tidak bisa berbuat apa-apa, kalau belum ada intruksi dari pemkot. Karena ditakutkan, ketika ada persoalan, nanti sekolah yang disalahkan. Sehingga apapun rencana atau kebijakan Pempus soal buka sekolah di Januari 2021, kita tetap tunggu inruksi pemkot saja. Kalau memang diiijinkan, ya kita belajar tatap muka. Tapi kalau tidak, maka tetap kita lanjut dengan belajar jarak jarak,” terang Sialana, Kamis (10/12).

Dia mengaku, dengan pemberlakuan PJJ yang berkepanjangan, membuat siswa, orangtua dan guru, sudah merasa jenuh. Namun hal itu tetap dilakukan, mengingat belum ada intruksi lain dari Pemkot Ambon.

“Soal siswa jenuh itu memang kenyataan. Justru bukan saja siswa yang jenuh, tapi juga orangtua dan guru, karena proses pembelajaran di SD Negeri 96 Ambon selama Covid ini hanya secara Luring. Jadi kasihan juga dengan guru-guru. Selain siapkan materi, mereka juga harus datangi rumah siswa untuk berikan materi. Dengan kondisi geografis ini, pasti melelahkan mereka. Tapi tidak mungkin kita bukan sekolah dan belajar tatap muka, kalau belum ada intruksi apa-apa dari Pemkot Ambon. Jadi kita tetap tunggu saja terkait rencana belajar tatap muka di tahun 2021,” tutur Sialana

Untuk itu, dia terus mendorong para guru agar tetap semangat menjalankan tugas dan tanggungjawab memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa.

Dirinya bersyukur, bahwa sekalipun dalam berbagai kesulitan di tengah bencana non alam ini, pihaknya telah memasuki proses Penilaian Akhir Semester (PAS). “Puji Tuhan, walaupun semua kita sudah lelah, tapi masih tetap menjalankan semua proses pembelajaran. Puji Tuhan, saat ini kita tengah dalam PAS. Semoga proses ini berjalan lancar,” harap Sialana. (LAM)

Comment