by

Ujian Kelulusan Menguji Kualitas Siswa

Ambon, BKA- Kepala SD Yakobus, Paternus Refwalu, mengatakan, ujian kelulusan harus dilaksanakan dengan maksimal. Sebab ujian merupakan penentu kualitas siswa, sebelum mereka melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Menurutnya, tidak ada lagi Ujian Nasional (UN) setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1/2021.

“Jadi penentuan kelulusan itu lewat hasil laporan pendidikan kelas IV, V dan VI, dan dalam bentuk portofolio, serta US, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Nilai raport dan portofolio kan sudah ada, tapi kan hasilnya belum tentu maksimal, karena belajar ditengah Covid-19. Jadi US harus kita maksimalkan sebagai bentuk kesiapan diri siswa, sebelum masuk dalam tingkatan pendidikan yang lebih tinggi,” terang Refwalu, Senin (26/4).

Bahwa untuk mendapatkan hasil ujian yang maksimal, menurutnya, tidak mudah. Karena ujian secara jarak jauh tidak akan maksimal. Sehingga dia akan tetap berupaya, agar proses pelaksanaan ujian berjalan maksimal.

“Sesuai keputusan pemerintah juga yayasan, kita tidak bisa ujian tatap muka. Jadi nanti kita secara Luring saja. Guru bawa soal di rumah, sekaligus mengawasi anak sampai selesai ujian. Memang itu tidak mudah, tapi kita percaya saja, kalau kita berupaya, pasti berjalan baik. Ini demi masa depan anak-anak, jadi segala cara kita pakai. Semoga pada saatnya, tidak ada kendala,” pungkas Refwalu. (LAM)

Comment