by

Ujian Sekolah Jadi Acuan Kelulusan SMA 2 Buru

Ambon, BKA- Ujian Sekolah akan menjadi acuan SMA Negeri 2 Buru dalam menentukan kelulusan tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 2 Buru, Sarif Fokaya, kepada BeritaKota Ambon, di ruang kerjanya, Selasa (9/3).

Menurut Sarif, ujian sekolah (US) akan menjadi penentu utama kelulusan, sebab sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2021, pemerintah telah meniadakan Ujian Nasional (UN), dan telah memberikan kewenangan kepada sekolah menentukan kelulusan.

“Tahun-tahun sebelumnya, UN jadi penentuan kelulusan siswa. Tapi sekarang tidak lagi, karena sudah aturan baru. Jadi ada tiga hal yang akan digunakan sebagai acuan menentukan kelulusan, diantarannya, penilaian karakter, US, dan satu lagi itu mengacu kepada representasi kehadiran,” tuturnya.

Namun lanjut dia, semua proses tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi penyebaran Covid-19. Jika tidak ada kendala, maka sekolahnya itu akan melakukan US pada 15 Maret mendatang.

“Rencananya, pelaksanaan US akan dilakukan 15 Maret. Nantinya lewat rapat dewan guru, barulah kita membicarakan soal teknis penentuan nilai US hingga penentuan kelulusan, setelah pengolahan nilai. Yang pasti, nilai US akan jadi penentuan,” pungkas Sarif. (MSR)

Comment