by

UKIM Bangun Kerjasama Dukung Kampus Merdeka

Ambon, BKA- Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UKIM Ambon, J. Kuelju, mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan UKIM untuk mendukung program Kampus Merdeka.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni, membangun kerja sama dengan berbagai pihak, baik lintas kampus maupun dengan instansi pemerintah.

Berbagai kerja sama itu dilakukan untuk mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, terutama untuk mahasiswa Program Studi Informatika dan Teknik Sipil.

“Yang pertama itu, kita mulai dengan Teknik Sipil dan mungkin Informatika. Sehingga kerja sama sudah kita bangun dengan UK Petra di Surabaya, UKIP makasar. Selain itu juga, kita sudah bangun kerjasama sama dengan balai-balai yang ada di Provinsi Maluku ini. Misalnya, Balai Jalan Nasional, Balai Sungai, Balai Transportasi Maluku dan beberapa dinas terkait. Semua demi mendukung program Merdeka Belajar,” ujar Kuelju, Senin (28/12).

Untuk itu, pihak kampus juga telah menyiapkan satu semester bagi mahasiswa untuk melakukan penawaran mata kuliah di luar kampus, yang diikuti dengan magang selama dua semester.

Memang, akuinya, berbagai kerja sama tersebut belum bisa dipastikan berjalan di 2021 mendatang, mengingat proses perkuliahan di UKIM masih dilakukan secara Daring. Sehingga akan terus disesuaikan dengan jadwal akademik semester genap mendatang.

“Soal kapan mulai magang, saya belum tahu. Yang terpenting kita sudah bangun kerja sama. Tuhan sayang, kalau pandemi sudah selesai, kita akan tindaklanjuti. Teknisnya akan diatur dalam agenda akademik kampus. Prinsipnya, semua yang kita lakukan ini untuk mendukung program Kampus Merdeka. Karena ini program pemerintah. Jadi Intinya, kami sudah siap mendukung program Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka dengan terus membangun kerjasama instansi terkait. Semoga semuanya berjalan dengan baik,” harap Kuelju. (LAM)

Comment