by

UKIM Tak Pakai Ujian Tertulis Pada Seleksi PMB

Ambon, BKA- Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Dr. Melkhianus H. Pentury, mengungkapkan, pada seleksi Penerimaa Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021 tidak akan melakukan tes tertulis.


“Kita hanya seleksi lewat nilai raport atau ijasah. Khusus untuk fakultas Teologi dan Kesehatan, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Pentury, Senin (3/5).

Kebijakan tersebut dibuat dengan pertimbangan Kota Ambon masih rentang terhadap penyebaran virus corona. Sehingga semua proses perkuliahan maupun agenda-agenda akdemik, dilakukan secara online.

“Artinya, calon Mahasiswa Baru (Maba) kan bukan saja dari Kota Ambon, tapi juga dari daerah lain. Proses pendaftaran PMB pun dilakukan secara online dan offline. Namun persoalannya, rata-rata calon Maba yang di daerah terkendala akses internet, jadi tidak bisa paksakan ikut tes. Jadi kita ambil langkah seleksinya melalui nilai raport atau ijazah saja,” tuturnya.

Sejak Covid-19 merebak, lanjut Pentury, pihak kampus memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan berbagai akivifitas kampus secara online. Sehingga bukan saja bisa kuliah dari rumah, tapi tahapan registrasi ulang pun dapat dilakukan secara online.

“Jadi banyak mahasiswa UKIM yang hingga saat masih di kampus. Karena semua aktivitas kampus bisa secara online, tanpa harus datang ke kampus. Nah, itu dilakukan hanya untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan kampus,” tutup Pentury. (LAM)

Comment