by

UKIM Tetap Terapkan Kuliah Daring

Ambon, BKA- Proses perkuliahan semester genap tahun akademik 2020/2021 di Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), yang akan dimulai sejak 1 Februari lalu, masih tetap berjalan secara Daring.

Wakil Rektor Bidang Akademik UKIM, Dr. Melkhianus H. Pentury, mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat Kota Ambon masih dalam zona orange. Sehingga harus tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, guna mencegah penyebaran virus corona dilingkungan kampus.

Meskipun perkuliahan tetap dilakukan secara Daring, terangnya, namun untuk praktek laboratorium, dilakukan secara tatap muka menggunakan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

“Untuk proses kuliah, masih tetap online atau Daring. Tapi untuk mata kuliah praktek, itu ada tatap mukanya dengan diatur per kelas 15 orang sesuai protokol kesehatan. Jadi kita upayakan untuk yang butuhkan praktikum, kita atur supaya tatap muka. Sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, bahwa harus tetap Daring disesuaikan dengan perkembangan Covid-19. Kan Kota Ambon masih zona orange, jadi harus kita tetap Daring cegah penyebaran virus,” ujar Pentury, Selasa (2/2).

Menurutnya, hal sepura juga dilakukan untuk proses Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dimana tetap dilakukan secara online, seperti pada semester ganjil tahun 2020 lalu.

“Jadi untuk hal-hal tertentu saja yang mahasiswa turun lapangan. Sisanya dilakukan secara online. Itu pun tidak pada tempat-tempat yang jauh dari tempat tinggal mahasiswa. Karena pada saat pembagian lokasi KKN, itu sudah disesuaikan dengan alamat mahasiswa,” lanjutnya.

Sementara untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL), kata dia, belum dapat dilakukan pada semester genap ini. Karena perlu diatur secara baik sesuai perkembangan Covid-19 di Kota Ambon.

“PKL belum dilakukan. Mungkin nanti dilakukan pada semester berikutnya. Nanti kita atur, tapi disesuaikan dengan perkembangan Covid-19 dulu,” pungkas Pentury. (LAM)

Comment