by

UKM Jadi Solusi Atasi Kemiskinan

Ambon, BKA- Upaya pengentasan kemiskinan, Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Ambon bantu Usaha Kecil Menengah (UKM) warga di lingkungannya. Pengembangan UKM bagi warga yang memiliki usaha, menjadi salah satu upaya kelurahan dalam mengatasi kemiskinan.

Lurah Mangga Dua, Hellen Ritiauw mengatakan, bantuan yang diberikan berupa alat dan bahan yang diperlukan dalam usaha yang dimiliki warga. Untuk tahun ini kelurahan masih melakukan pendataan jumlah warga yang memiliki usaha kecil.

“Sejauh ini upaya kami untuk atasi kemiskinan, yaitu membantu pengembangan UKM warga kami. Untuk tahun ini, kami masih lakukan pendataan jumlah warga yang memiliki usaha,” terang Hellen, saat ditemui koran ini, di ruang kerjanya, Jumat (23/4).

Diakuinya, kelurahan terbatas dalam mengatasi kemisikinan karena dana kelurahan yang terbatas. Sebisa mungkin kelurahan berusaha membantu warga yang memiliki ekonomi di bawah rata-rata dengan memberikan bantuan yang ada.

“Kalau bicara penanganan kemiskinan itu skopnya besar. Kalau kita mau tangani itu dari segi mana dulu. Misalnya dengan berikan bantuan seadanya itu masih bisa. Karena kelurahan juga terbatas, tidak bisa berbuat banyak,” tuturnya.

Dia menyebutkan, tidak ada data tetap penduduk miskin di kelurahan tersebut. “Tidak ada data tetap warga miskin. Karena tidak ada batas ukur untuk mengukur apa masyarakat ini miskin. Memang ada beberapa ukuran yang dipakai oleh kementerian. Tapi kelurahan sendiri belum ada,” tambahnya.
Selain itu juga kelurahan turut bergerak membantu pendidikan warga ekomoni kecil dengan memberikan bantuan berupa alat tulis dan keperluan sekolah. Ini dilakukan setiap tahun bagi sepuluh siswa kurang mampu.
“Kami juga ada pemberian bantuan bagi siswa kurang mampu. Itu kami berikan alat tulis dan perlengkapan sekolah bagi sepuluh siswa kurang mampu setiap tahun,” tutupnya. (BKA-1)

Comment