by

UMK 2021 Tidak Mengalami Kenaikan

Ambon, BKA- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Godlief Soplanit mengatakan, Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2021 tidak mengalami kenaikan. Yakni tetap sama dengan UMK tahun 2020, sesuai keputusan Pemerintah Pusat yang juga tidak menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Maluku 2020.

Hal ini, terang Godlief, berdasarkan hasil rapat Disnaker Kota Ambon bersama Dewan Pengupahan Kota (DPK) Ambon, Apindo, Serikat Buruh dan Serikat Tenaga Kerja belum lama ini.

“UMK kita tetap sama dengan tahun 2020, artinya UMK tetap tidak mengalami kenaikan,” sebutnya, kepada wartawan saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (28/11).

Dia menyebutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menetapkan untuk UMK tahun 2020 sebesar 2.643.400. Namun UMK ini akan akan ditetapkan pada tahun 2021 mendatang, untuk diberlakukan di tahun 2022.

Dikatakan, apabila inflasi Kota Ambon naik, maka UMK harus diturunkan. Namun, sesusai hasil evaluasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), untuk inflasi terjadi kenaikan.

“Jadi penetapan UMK berdasarkan hasil evaluasi BPS, dan ternyata inflasi kita bahkan nasional terus naik. Kalau kita ikut perkembangan harusnya UMK turun. Namun karena kesepakatan bersama, kita putuskan UMK 2021 tetap sama dengan 2020,” terangnya.

Menurut dia, pihaknya sementara akan membuat surat permohonan rekomendasi. Setelah dibuat, surat tersebut akan dibagikan kepada seluruh perusahaan di Kota Ambon.
Godlief berharap, surat yang nanti akan dibagikan kepada seluruh perusahaan itu, dapat dipahami seluruh perusahaan yang beroperasi di kota Ambon. (BKA-1)

Comment