by

UN Ditiadakan Tahun Ini

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menegaskan, Ujian Nasional (UN) bagi para siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon, telah ditiadakan untuk tahun ini.

Menurut dia, hal ini berdasarkan keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik (Kemendikbud) RI. Sementara untuk nilai siswa nanti, akan diambil lewat penilaian akhir semester.

“Jadi penilaian akhir semester itu yang yang dijadikan sebagai nilai pendidikan sampai ujian nasional. Artinya ujian nasional itu ditiadakan. Nilai anak itu kan nanti ditentukan oleh sekolah,” sebut Fahmy, saat ditemui wartawan, Senin (8/2).

Disebutkan, bagi kepala sekolah dan para guru yang belum mengetahui hal tersebut, secepatnya akan diberitahukan. Untuk nantinya dapat disampaikan kepada orang tua murid yang ada.

“Untuk kepala-kepala sekolah dan akan disampaikan ke orang tua siswa atau siswi. Apa pun penyebutannya, yang jelas ujian nasional sudah ditiadakan,” tukasnya.

Dia menilai, Kemendikbud RI punya pertimbangan untuk meniadakan UN di tahun ini. “Bukan juga sih sebenarnya. Kementerian punya pertimbangan lain. Itu artinya kalau tidak ada Covid-19, juga kemungkinan ujian nasional juga ditiadakan,” sebut Fahmy.

Ia menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi para siswa-siswi, akan tetap dijalankan. Sehingga bagi murid yang mengikuti proses PJJ, akan dinilai dari para guru masing-masing. “PJJ akan tetap berlanjut dan itu akan dinilai. Kan ada penilaian akhir semester,” ucapnya. (IAN)

Comment