by

Unidar Wisuda 450 Lulusan, Rektor: Lulusan Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Ambon, BKA- Universitas Darussalam (Unidar) Ambon kembali menggelar Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda Sarjana (S1) dan Ahli Madya (D-III) Tahun 2020, Sabtu (5/12).

Peserta wisuda yang digelar di jalan Waihakila, Puncak Wara, Kota Ambon, itu sebanyak 450 lulusan, yang terdiri dari 44 lulusan Program Studi (Prodi) Manajemen, Prodi Akuntansi 8 lulusan, Prodi Agroteknologi 25 lulusan, Prodi Kehutanan 8 lulusan, Prodi Teknik Mesin 10 lulusan, Prodi Teknik Industri 14 lulusan, Prodi Ilmu Administrasi Negara 28 lulusan, Prodi Ilmu Pemerintahan 39 lulusan, Prodi Pendidikan Matematika 30 lulusan, Prodi Pendidikan Fisika 15 lulusan, Prodi Pendidikan Kimia 26 lulusan, Prodi Pendidikan Biologi 89 lulusan, Prodi Ilmu Hukum 58 lulusan, serta Prodi Manajemen Sumberdaya 26 lulusan.

Pada kesempatan itu, Rektor Unidar Ambon, Dr. M. Riadh Ululputty, berharap, para lulusan tersebut mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan mereka lewat berbagai pikiran, untuk memecahkan berbagai masalah di tengah masyarakat.

“Lulusan harus bermanfaat di tengah masyarakat. Maksudnya adalah, ilmu pengetahuan, ketrampilan, serta budi pekerti yang didapat selama kuliah, dapat dimanfaatkan untuk memberikan pikiran-pikiran yang mampu pecahkan masalah dilingkungan masing-masing. Untuk kemudian berkesempatan mendapatkan pekerjaan, bahkan mampu bersaing di dunia pekerjaan, baik regional, nasional maupun global,” harap Uluputty.

Sementara Gubernur Maluku, Murad Ismail, menyebutkan, keberhasilan yang telah diraih oleh para wisudawan dan wisudawati itu tidak hanya menjadi harapan dan kebanggan keluarga saja, tetapi juga harapan dan kebanggan semua warga Maluku maupun warga Indonesia.

“Keberhasilan yang dicapai saudara-saudara wisudawan wisudawati saat ini, merupakan modal fundamental dan investasi strategis yang harus bisa kita optimalkan kapasitasnya dengan sebaik-baiknya untuk percepatan pembangunan di daerah ini,” kata gubernur, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Setda Maluku, M. Aly Masuku.

Untuk itu, ada sejumlah point penting yang disampaikan gubernur agar diperhatikan para wisudawan maupun pihak kampus. “Pendidikan merupakan jembatan emas menuju masa depan yang gemilang. Tanpa pendidikan yang bermutu, maka tentunya akan sulit bersaing di pentas global yang makin maju dan kompetitif saat ini,” terangnya.

Dengan kesadaran itu, pemerintah pusat maupun daerah terus mendorong upaya-upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

“Asumsinya, jika pendidikan kita makin berkualitas, maka akan tersedia SDM unggul yang dapat menciptakan lapangan kerja, dan mampu mengeksplorasi dan mengeksploitasi potensi sumber daya alam yang tersedia di daerah ini demi kemaslahatan kita semua,” tandas gubernur. (LAM)

Comment