by

Unpatti Gelar Rapat Senat Wisudawan PSDKU Aru

beritakotaambon.com – Universitas Pattimura menggelar acara rapat senat terbuka luar biasa, dalam rangka wisuda sarjana program studi diluar kampus utama, Kabupaten Kepulauan Aru, periode Agustus 2021, Selasa (31/8).

Hadir dalam acara rapat senat yang bertempat di aula Cendrawasi Aru itu, diantaranya Sekretaris PSDKU, Prof. Dr. T. G. Ratumanan, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, Sekretaris Senat, Prof. Dr. Z. Notanubun, Pengelola PSDKU Aru, Dr. Th. Watuguly, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, para dosen di lingkup PSDKU Aru, AKP. Ricky Maitimu (perwakilan Polres Aru), Danramil 1503-03 Dobo, Kapten Inf. Bakri Renhoat, para rohaniawan, para wisudawan serta tamu undangan.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno dalam sambutanya yang disampaikan melalui virtual berharap, 56 wisudawan dari masing-masing program studi, yakni Hukum 23 orang, Bahasa Inggris 3 orang, PGSD 5 orang, Matematika 7 orang dan Akuntansi 18 orang, agar kedepannya mampu menjadi sarjana yang berintelektual di tengah-tengah masyarakat.

Serta menjadi pembaruan bagi bangsa dan Negara, terutama mendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku secara umum dan daerah secara khusus di masa pandemik saat ini.

“Kita harapan kedepannya 56 sarjana dari masing-masing program studi ini dapat menjadi sarjana yang intelektual, serta pembaruan bagi bangsa dan negara,” harapnya.

Saptenno juga mengajak semua civitas akademika Unpatti, agar bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena begitu besar tuntutan dan penyertaanNya, sehingga Unpatti dapat menggelar acara rapat senat terbuka luar biasa, dalam rangka wisuda sarjana program studi baik di kampus utama (Unpatti) maupun di luar kampus utama (Aru dan MBD) periode Agustus 2021.

Walaupun, dalam kondisi pandemik Covid-19, akan tetapi Unpatti tidak kendor semangatnya dalam proses perkuliahan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Maluku yang intelektual. Dan hal itu terbukti dalam tahun ini Unpatti telah mewisudakan kurang seribu lebih wisudawan yang berkualitas.

“Saya mau ajak kita semua civitas akademika untuk ada dalam ucapan syukur kepada Tuhan, karena begitu besar kasih dan tuntunannya kita berhasil melepaskan SDM yang intelektual, walaupun kita sementara dalam situasi pandemik Covid-19 yang sangat menyita waktu dan aktivitas kita bersama,” terangnya.

Selain itu, Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dalam smbutannya mewakili Bupati Aru, Johan Gonga mengatakan, Pemkab Kepulauan Aru telah berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. Sehingga dapat memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang memiliki akhlak dan pengetahuan luas, dan melahirkan SDM dengan keterampilan khusus yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

Baca juga: Unpatti Mewisuda 1.056 Lulus

“Dari periode pertama saya dan pak Bupati pimpin daerah ini, kami sudah punya komitmen untuk menghadirkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Karena sangat penting untuk menciptakan SDM yang unggul sesuai tuntutan lapangan,” tandasnya

Dikatakan, ketersediaan SDM yang handal, baik dari segi jumlah maupun mutu, merupakan tantangan terbesar yang sementara kita hadapi sekarang. Sehingga diharapkan, SDM Aru kedepan mampu kuasai teknologi, cerdas dan inovatif. Sehingga mampu memanfaatkan sumberdaya alam secara bijaksana, serta jelih melihat peluang dan merebut berbagai kesempatan sosial ekonomi yang tersedia.

“Jadi, SDM yang kita cita-citakan adalah harus teguh iman dan moralnya, demokratis, toleran, patuh pada hukum, bangga akan kebudayaan dan jati dirinya. Dan menjadi pelaku pembangunan yang disegani dan diteladani oleh masyarakat,” pungkasnya

Wakil Bupati dua periode ini menambahkan, sebagai lembaga pendidikan tertinggi dan terbesar di Provinsi Maluku, Unpatti selama ini tak henti-hentinya beruapaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Maluku.

Hal ini terlihat dari program Merdeka Belajar Kampus (MBK) yang dilakukan secara bertahap. Dan program seperti inu harus terus dikembangkan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya, baik negeri maupun swasta.

“Ya, kita semua berharap Unpatti sebagai lembaga pendidikan tinggi terbesar di Maluku dalam upaya melakukan program MBK secara bertahap terus dikembangkan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi lain. Baik negeri maupun swasta, agar dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia,” pesannya

Menurutnya, perlu dilakukan beberapa langkah strategis untuk lebih memberikan tempat bagi metode belajar-mengajar yang digital, serta meningkatkan kompetensi dari lulusan Unpatti. Khususnya PSDKU Aru, agar sesuai kebutuhan dunia kerja di Kepulauan Aru secara khusus.

“Saya sangat berharap, civitas akademika di PSDKU Unptti di Aru dapat membangun kerjasama dengan pemerintah ya, dalam memanilisir krisis kesehatan global akibat pandemi Covid-19 saat ini. Kalau kita bangun kerjasama yang baik, maka daerah kita akan aman dari Covid-19,” pungkasnya. (WAL)

Comment