by

Upacara Hardiknas, Keliobas Minta SDM Ditingkatkan

Ambon, BKA- Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, mengingatkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, Sidik Rumalowak, agar lebih semangat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermanfaat bagi kemajuan bumi Ita Wotu Nusa itu.

Hal itu disampaikan Keliobas usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang digelar di depan Kantor Dikbudpora SBT pada Minggu, (2/5).

Menurut Keliobas, dunia pendidikan di Kabupaten SBT yang merupakan lembaga pengembangan SDM, jangan sampai terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

“Dengan kondisi pandemi ini, semoga tidak menyulitkan semanagat Dinas Pendidikan untuk bergerak secara baik. Serta apa yang menjadi target kita, bisa berhasil,” katanya.

Dalam mengembangkan SDM di sekolah, Bupati SBT dua periode itu meminta Plt Dikbudpora dapat membuat program yang menyertakan semua guru dan tenaga pendidik yang belum Strata Satu (S1) dapat menyelesaikan S1-nya, bila perlu yang sudah S1 melanjutkan pendidikan S2.

Hal ini sangat penting untuk diprogramkan oleh Dikbudpora SBT, untuk menjawab kompetensi pendidikan untuk lebih baik. “Peningkatan SDM paling penting untuk kemajuan daerah ini,” ucap Keliobas.

Terkait kekurangan sarana dan prasarana di lingkup pendidikan SBT, dia mengatakan, harus diberikan dorongan setiap saat. Sebab di tengah pandemi Covid-19, banyak anggaran pemerintah daerah yang direfocusing.

Untuk itu, dia berterimaksih kepada Kepala Balai Permukiman dan Prasarana Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastella. Sabab atas bantuanya ke SBT sebesar Rp 73 miliar, dapat memperbaiki kondisi sekolah.

“Tapi syukur alhamdulilah, lewat Kepala BPPW Maluku yang kemarin sudah membantu Pemda, lewat bantuan itu kita perbaikan beberapa sekolah di SBT. Ini menandakan, bahwa sedikit-demi sedikit kita akan menyelesaikan persoalan pendidikan yang ada,” pungkasnya.(SOF).

Comment