by

Upacara HUT Kota Ambon Berlangsung Sederhana

beritakotaambon.com – Pelaksanaan Upacara HUT Kota Ambon ke 446 tahun, digelar secara sederhana oleh Pemerintah Kota Ambon. Jumlah tamu undangan yang hadir, tidak sebanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun perayaan bersejarah ini berlangsung dengan baik, meski diselimuti hujan.

Pantauan Koran ini, tamu undangan terlihat antusias mengikuti upacara HUT Kota dari awal hingga akhir. Hujan yang cukup deras itu, tidak membubarkan barisan.

Peserta dan Pemimpin Upacara HUT Kota Ambon ke 446, saat memberikan hormat kepada Upu Latu Upacara, Richard Louhenapessy, Selasa (7/9)

Seluruh peserta upacara hingga tamu undangan menerapkan protokol kesehatan. Guna menghindari penularan Covid-19 yang masih mewabah di Ibukota Provinsi Maluku ini.

Tarian adat Cakalele khas Maluku, warnai upacara HUT Kota. Para penari kemudian membawa bendera berlogo Pemerintah Kota sambil diiringi musik tifa totobuang. Puluhan penari kemudian keluar dari Lapangan Merdeka, menuju Kantor Balaikota.

Seluruh kegiatan yang dicanangkan Pemkot Ambon dalam upacara HUT Kota Ambon tahun ini, berlangsung aman dan lancar, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Tarian Adat Cakalele warnai Upacara HUT Kota Ambon ke 446, di Lapangan Merdeka, Ambon, Selasa (7/9)

Dalam sambutannya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy selaku Upu Latu Upacara (pemimpin upacara) mengaku, perayaan HUT tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat merebak Covid-19.

Kata Richard, HUT Ambon kali ini sengaja mengusung tema “Ambon Tangguh”. Yang mana bukan sekedar tema, melainkan sebagai bentuk semangat dan komitmen untuk memajukan Kota Ambon.

“Tangguh itu juga punya arti susah dikalahkan dan sangat kuat sekali. Ingat jangan kalah dengan keadaan sekarang. Mari selalu maju,” sebutnya.

Baca juga: HUT Kota Ambon ke 446

Walikota dua periode ini juga berharap, masyarakat bisa mengambil peran penting dalam memutus mata rantai Covid-19. Sehingga Ambon bebas dari Covid-19.

“Yang membuat kita berdiri sampai di sini, itu karena rakyat kota yang hebat. Maka dari itu, mari sama gandeng tangan selesaikan semua masalah yang terjadi,” imbuhnya. (IAN)

Comment