by

Upacara HUT Maluku ke-76, Pemuda Maluku Harus Idealis

beritakotaambon.com – Mengenakan pakaian kebesaran Upulatu, Gubernur Maluku, Murad Ismail, bertindak sebagai Inspektur upacara HUT ke-76 Provinsi Maluku, Kamis (19/8).

Kepala Biro (Karo) Organisasi Setda Maluku, Melky Lohy, bertindak sebagai Komandan Upacara. Sedangkan Kadis Pemuda dan Olahraga, Sandi A. Wattimena, sebagai Perwira Upacara.

Gubernur Maluku, dalam amanatnya, menyatakan, peringatan HUT Provinsi Maluku tahun ini dengan tema “Bergerak Atasi Pandemi Covid-19, Maluku Tangguh Indonesia Tumbuh”, memotivasi semua pihak untuk terus berjuang dan bertahan di tengah kondisi saat ini.

“Kita harus terus bergerak dan menggerakkan masyarakat, agar lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, serta bersedia mengikuti program vaksinasi,” katanya.

Baca juga: Peringati HUT RI, Pemda Aru Tabur Bunga di Laut Arafura

Pada kesempatan itu, gubernur lebih banyak menyorot tentang pemuda. Menurutnya, pemuda merupakan agen perubahan, yang harus memiliki idealisme, optimis dan tangguh.

Untuk itu, katanya, anak muda Maluku harus berpikir optimis dan bermanfaat bagi orang lain. Tidak dibatasi oleh anugerah berbagai perbedaan.

Anak muda Maluku, lanjutnya, jangan hanya menjadi pemandu. Tapi harus berani menjadi “pemain”.

“Anak muda kita harus berpikir optimis. Kita harus hidup dan tetap hidup serta bermanfaat bagi orang lain. Kita tidak bisa memilih kita lahir dimana, warna kulit kita seperti apa, dari kampung mana kita datang dan daerah mana kita berada, ini adalah anugerah. Tapi apa yang bisa kita lakukan saat ini, apakah bermanfaat untuk orang lain?” terangnya.

Untuk itu, dia berharap, anak muda Maluku mampu bersaing dan berani dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Tidak lagi menjadi mesin yang hanya mampu mewujudkan mimpi orang lain.

Baca juga:
Puskesmas Rawat Inap Dibangun di Tutukembong

“Maluku butuh pemuda-pemudi yang mampu bersaing, juga mampu mewujudkan mimpi mereka sendiri. Tak ada lagi yang namanya mewujudkan mimpi orang lain,” tutup gubernur.

Pada kesempatan itu juga, gubernur menyerahkan hadiah bagi Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Maluku.(MG-2)

Comment