by

Urimessing Akan Bangun Dam Penahan Air

beritakotaambon.com – Pemerintah Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, akan segera membangun konservasi tanah dan air yakni dam penahan air, lewat bantuan yang diberikan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL) Waehapu Batu Merah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Hal ini disampaikan Penjabat Negeri Urimessing, Arthur Solsolay dalam sambutannya, saat pencanangan pembangunan dam penahan air, Jumat (27/8) pekan kemarin.

“Sebelumnya saya menyampaikan terimakasih kepada pihak BPDASHL Waehapu Batu Merah Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, yang telah memberikan bantuan kepada pihak kami untuk membangun Dam penahan air,” ucapnya dalam pemberian sambutan

Dikatakan, Negeri Urimessing merupakan salah satu negeri di kota Ambon yang penduduknya lumayan banyak, lantaran memiliki 5 dusun. Dan program ini nantinya akan dibangun di kawasan Dusun Kusu-kusu Sereh.

“Untuk Dam penahan air yang akan dibangun nanti terletak di Dusun Kusu-kusu Sereh. Memang kalau untuk anggaran desa, kita punya ada. Tapi kalau untuk bantu sampai dengan jumlah yang besar untuk dam penahan air tersebut, kami merasa sedikit berat. Karena kami bukan hanya memperhatikan satu dusun saja, melainkan semuanya harus diperhatikan dengan merata,” terang Arthur.

Sementara itu, Kepala Seksi Program BPDASHL Waehapu Batu Merah, Kementerian LHK, Wiarta menambahkan, pihaknya tertarik memberikan bantuan kepada Negeri Urimessing. Dikarenakan mata air yang ada di negeri tersebut menghidupi sebagian warga yang ada di Kota Ambon, serta harus dilindungi dari pencemaran.

“Pertama kali kami tertarik memilih Negeri Urimessing untuk membantu membangun Dam penahan air. Waktu itu kami sedang melakukan sosialisasi terkait kehutanan. Secara tidak sengaja, salah satu staf Negeri Urimessing membawa saya ke salah satu mata air yang ada di Urimessing. Setelah bertanya ternayata, mata air ini juga sebagai sumber kehidupan sebagian warga Kota Ambon. Kemudian saya tertarik untuk membantu, agar mata air tersebut tetap terjaga serta tidak terkontaminasi dan tercemar,” terangnya

Baca juga: Warga Wainitu Terima Ganti Untung Proyek

Wiarta juga menjelaskan, terkait fungsi Dam penahan air yang akan dibangun pihak negeri Urimessing tersebut. Yaknu fungsi yang pertama untuk mengurangi erosi, kemudian menjaga ketersediaan air. “Kurang lebih sekitar 8 Dam penahan air akan dibangun di kawasan Urimessing, Dusun Kusu-Kusu Sereh oleh kelompok swadaya masyarakat yang telah dibentuk,” bebernya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dan dapat dikerjakan dengan tulus untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

“Dengan bantuan yang memang tidak seberapa itu, namun jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh, dengan ikhlas dan ucapan syukur, otomatis itu akan bisa mencukupi,” tutupnya

Sekedar tahu, kegiatan pencanagan itu kemudian ditutup dengan peletakan batu pertama oleh pihak, BPDASHL Waehapu Batu Merah, Kementerian LHK, pemerintah negeri, ketua kelompok pembangunan, dan tokoh agama. (BKA-2)

Comment