by

Urimessing Raih Predikat Pemetaan Terbaik

Ambon, BKA- Kelurahan Urimessing, kecamatan Nusaniwe raih predikat Pemetaan Terbaik.
Setelah selesai digelar Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kelurahan Urimessing berhasil meraih predikat pemetaan terbaik.

Diakui oleh lurah Urimessing warga kelurahan sudah mulai sadar tentang cara mengolah batasan tanah.


“Setelah PTSL kami berhasil meraih predikat pemetaan terbaik tingkat kelurahan. Ini karena masyarakat mulai sadar cara mengolah tanah yang dimiliki sehingga mulai bisa tertata,” pungkas Cheryl V Tuasuun.

Meski demikian diakui lurah bahwa masih banyak permasalah tanah yang ditemui. Ini dikarenakan banyaknya pendatang yang datang. Hal ini juga melahirkan banyak isu pengembangan wilayah.

“Masalah tentang urbanisasi tetap saja ada. Banyak pendatang dikelurahan ini karena banyak tersedia kost-kostan. Dengan begini terjadilah penyempitan lahan. Warga yang ingin membangun rumah akhirnya menyasar bantaran sungai dan lereng gunung. Dengan kata lain jumlah penduduk bertambah sedangkan lahan semakin berkurang,” pungkas Cheryl V Tuasuun lurah Urimessing.

Hal ini juga turut berdampak pada sanitasi dan drainase. Akibat kurangnya lahan hingga sanitasi dan drainase tidak tertata dengan seharusnya.

“Kurangnya lahan juga berdampak pada sanitasi dan drainase. Karena terlalu banyak perumahan sehingga sanitasi dan drainase tidak tertata dengan rapi seperti seharusnya,” tambah Tuasuun.

Kelurahan berharap warga bisa lebih tertib dalam mengatur bangunan. “Kami tetap perlu kesadaran dari warga untuk bersama menata lingkungan. Jika warga sudah sadar maka semua bisa lebih mudah,” tutupnya. (MG-1)

Comment