by

Usaha Kecil Warga Benteng Menurun Akibat Pandemi

Ambon, BKA- Usaha kecil warga kelurahan Benteng, Kecematan Nusaniwe mengalami kendala pemasukan akibat adanya pandemi Covid-19. Warga yang sebagian besar memiliki usaha kecil dibagian kuliner ini mengalami penurunan pemasukan akibat adanya protokol yang berlaku. Misalnya saja jam malam yang diberlakukan sehingga pedagang kecil juga terpengaruh jam jualannya.

“Jadi sebagian warga saya itu mempunyai usaha ada yang kecil dan menengah. Namun adanya pandemi seperti ini juga berdampak pada pemasukan yang diterima. Misalnya saja PSBB jam malam yang berlaku mengakibatkan perubahan jam jualan pedagang makanan dan warung. Penjual nasi kuning yang tadi bisa berjualan hingga jam 12 malam harus tutup lebih awal akibat protokol yang berlaku. Tentu saja ini juga berdampak pada pemasukan yang mereka dapat,” pungkas Naldo Maitimu lurah Benteng.

Naldo juga mengakui sudah ada bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk pengusaha yaitu bantuan Usaha Mikro Kecil Menengab (UMKM). Baik untuk pengusaha berskala kecil maupun besar semua diajukan. Keputusan penerima bantuan tergantung Pemerintah Pusat dan Koperasi Indonesia, kelurahan hanya bertugas melakukan pendataan.

“Ada banyak warga yang mengurus ijin usaha. Jenis usaha misalnya rumah kopi, warung, kendaraan darat, dan juga lainnya yang berskala mikro. Kalau untuk UMKM kami sudah mengajukan data pengusaha dan memang sebagian warga sudah menerima bantuan tersebut. Untuk usaha berskala besar juga kami usulkan. Karena tugas kelurahan hanya mendata, keputusan ditentukan Pemerintah Pusat dan koperasi Indonesi,” tutupnya. (MG-1)

Comment