by

Vaksin Ibu Hamil Tak Capai Target

beritakotaambon.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, hari pertama pembukaan program vaksinasi bagi ibu hamil tidak mencapai target. Yakni dari target 200 orang ibu hamil, hanya 56 ibu hamil yang disuntik vaksin.

“Kemarin yang di lapangan itu, ada 56 orang. Jadi hari pertama tidak memenuhi target yang kami tentukan,” ungkap Wendy, kepada wartawan di Balaikota, Senin (23/8).

Alasan tak capai target, jelas Wendy, lantaran pihak keluarga dari ibu hamil masih berat hati. Sementara yang hamil setuju dan sangat antusias ikut program tersebut.

“Waktu itu ibu hamilnya sudah setuju, tetapi dari keluarganya, suami yang kadang-kadang menolak untuk istrinya dilakukan vaksin,” sebut dia.

Baca juga: Walikota : Covid Pengalaman Berharga Buat Saya

Dikatakan, saat dijemput dan dan dihubungi lewat telepon genggam, banyak yang menolak agar tidak divaksin. Namun pihaknya sementara melakukan edukasi agar masyarakat dapat memahami pelaksanaan vaksin bagi ibu hamil yang tidak berbahaya. “Kita edukasinya harus lebih kuat,” cetusnya.

Disinggung terkait efek samping bagi ibu hamil yang sudah divaksin, Wendy mengaku, tak ada sama sekali efek samping. Bahkan juga mengaku, proses vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil sangat aman.

Baca juga: My Home Ambon Kembali Salurkan Sembako

“Kita bersyukur sampai sekarang tidak ada keluhan pada ibu hamil. Itu yang akan menjadi motivasi bagi ibu hamil lain. Dan mereka juga akan terus dipantau sampai proses persalinan oleh dokter Puskemas dan tim POGI kemarin itu,” tutupnya. (IAN)

Comment