by

Vaksin Tahap II, Lansia Diprioritaskan

Ambon, BKA- Memasuki program vaksinasi Covid-19 tahap II di Kota Ambon pada 1 Maret 2021 mendatang, masyarakat yang dikategorikan sebagai lanjut usia (lansia) akan diprioritaskan untuk divaksinasi.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, penyuntikan vaksin terhadap lansia merupakan langkah yang diambil dari Pemerintah Kota (Pemkot). Sementara Pemerintah Pusat (Pempus) meminta untuk program vaksinasi tahap II ini, harus difokuskan untuk tenaga pendidik.

“Pempus memerintahkan untuk Vaksin tahap dua difokuskan lebih awal kepada tenaga pendidik. Namun mengenai keputusan penerapannya, dikembalikan kepada Kabupaten/kota. Makanya untuk Kota Ambon, kita prioritaskan lansia,” tutur Wendy, kepada awak media, Kamis (25/2).
Dijelaskan, alasan untuk memprioritaskan Lansia untuk disuntik vaksin ini, karena lansia dianggap rentan tertular virus mematikan yang belum dapat dibasmi.

“Diprioritaskan lansia ini, karena mereka sangat rentan sekali terhadap penularan virus corona. Penyuntikan vaksin kepada lansia, juga tetap dilakukan dua dosis, dengan jeda waktu per dosis selama 28 hari,” ungkapnya.

Sebut dia, setelah Lansia disuntik, akan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada tenaga pendidik dan pegawai pemerintah kota yang melakukan pelayanan publik dan pedagang di Kota Ambon.
“Sasaran selanjutnya divaksin tahap dua, adalah guru, dosen, pegawai yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, Satpol-PP, pedagang,” terangnya.

Disinggung soal jumlah lansia yang sudah terdaftar untuk disuntik vaksin, Wendy mengaku, pihaknya masih melakukan pendataan. “Sementara masih kita data, bersamaan dengan semua yang akan divaksin tahap dua. Jadi kita tunggu saja. Kalau sudah lengkap pasti saya beri tahu kepada publik,” tandasnya. (IAN)

Comment