by

Vaksinasi Akan Gunakan Sistim Jemput Bola

Ambon,BKA- Untuk mencegah peningkatan penularan Covid-19, Pemerintah Kota Ambon akan memberlakukan sistim jemput bola dalam pelayanan vaksinasi Covid-19. Sistim ini diberlakukan kepada warga lanjut usia (lansia) usai lebaran Idul Fitri 1442 H (2021).

“Jemput bola, yakni melakukan pelayanan vaksinasi di rumah Lansia, dan fokus pada beberapa pos pelayanan yang tingkat capaian vaksinasi lansia masih rendah,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Ambon, Wendy Pelupessy, Kamis (6/4).

Diakuinya, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan dilakukan sistem reward. Dimana jika ada yang membawa dua orang lansia untuk divaksin, maka orang tersebut juga akan langsung divaksin, meskipun tidak termasuk kelompok prioritas.
“Untuk itu, kita meminta dorongan keluarga untuk membawa lansia yang belum divaksin, agar segera divaksinasi di puskesmas terdekat. Hal ini juga untuk kebaikan kita bersama. Agar dapat mencegah penularan Covid-19,” terang Wendy.

Dijelaskan, April 2021, kota Ambon diapresiasi Pemerintah Pusat karena masuk dalam 20 Kota/Kabupaten yang presentasi vaksinasi lansia diatas 25 persen. Saat itu, presentasi vaksinasi lansia berada di angka 34, 95 persen.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan presentasi vaksinasi bagi lansia sebagai salah satu kelompok rentan. Saat ini, cakupan divaksinasi kepada lansia kota Ambon mencapai 8490 orang dengan presentasi 37,6 persen,” sebutnya.

Sambung dia, berbagai cara dilakukan agar capaian vaksinasi lansia meningkat. Salah satunya dengan membuka pelayanan vaksinasi di malam hari pada bulan puasa. Namun animo dan kepedulian masyarakat masih rendah.
“Padahal untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity paling tidak harus 70 persen yang sudah divaksin. Dan didalamnya sudah ditargetkan semua lansia harus sudah divaksinasi,” pungkasnya. (IAN)

Comment