by

Vaksinasi Covid-19 Berlangsung Empat Tahap

Ambon, BKA- Pemerintah Provinsi Maluku telah mendapatkan hibah 15.120 vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Dari jumlah itu, belum diketahui jatah yang akan diberikan bagi masyarakat Kota Ambon.

Walau demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah membuat skenario vaksinasi vaksin Covid-19 tersebut bagi masyarakat. Demikian ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat memberikan keterangan pers di Balai Kota Ambon, Selasa (5/1).

Menurutnya, vaksinasi vaksin Covid-19 bagi masyarakat Kota Ambon akan dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama dan kedua, akan dilakukan pada Januari hingga April. Tahap ketiga dan keempat, akan dilakukan pada April hingga Maret.

“Untuk kota Ambon ini akan kita laksanakan seluruh mekanisme dalam empat tahap. Tahap pertama dan kedua, pada 14 Januari sampai bulan April 2021. Itu tahap pertama dan kedua. Sedangkan tahap ketiga dan keempat, itu nanti mulai bulan April hingga Maret 2021,” terang Louhenapessy.

Walikota Ambon dua periode itu menjelaskan, untuk tahap pertama, vaksinasi vaksin Covid-19 diperuntukkan bagi masyarakat berusia 18 hingga 59 tahun. Tapi itu dikhususkan bagi 3.762 tenaga kesehatan yang ada di Kota Ambon.

“Tahap pertama bagi mereka yang berusia 18 sampai 59 tahun, tetapi khusus untuk SDM (Sumber Daya Manusia) kesehatan. Jadi SDM kesehatan akan menjadi yang pertama peserta vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah. Di Kota Ambon, sesuai target sasaran yang akan ikut vaksinasi Covid-19 tahap pertama itu 3.762 tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Untuk tahap kedua, sambung Louhenapessy, akan dilakukan kepada seluruh staf instansi yang melakukan pelayanan publik selama pandemi Covid-19. Antara lain, lingkup Pemerintah, PLN, Telkom, TNI/Polri, PDAM, dengan usia diatas 60 tahun.

“Saya dan pa wakil (Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, red-) ini, kita masuk pada tahap kedua, karena kita sudah diatas 60 tahun. Sementara pak Sekot, karena usianya masih 59 tahun, jadi kemungkinan antara bisa dan tidak ditahap kedua,” sebutnya.

Politisi Partai Golkar Maluku itu mengaku, pihaknya sementara mencari sejumlah fasilitas kesehatan untuk dijadikan sebagai lokasi pelaskanaan vaksinasi vaksin Covid-19 di Kota Ambon. “Kita sekarang sementara survey, dimana tempat-tempat kesehatan yang bisa kita pakai untuk tempat pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya.

Bukan itu saja, lanjutnya, dalam waktu dekat, Sekertaris Kota (Sekot) Ambon akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh komponen atau institusi terkait, agar bisa mempersiapkan diri untuk divaksin.

“Dengan pelayanan publik atau perbankan, PLN, Telkom, termasuk juga tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kita akan undang seluruhnya. Koordinasi awal oleh pak Sekot, supaya semua mempersiapkan diri untuk vaksinasi. Bagaimana kesiapan kita untuk infrastruktur? Kita sudah siap. Tim dokternya kita sudah siapkan, bahkan kita juga sudah membentuk tim dokter ahli untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi,” terang Louhenapessy.

Dia optimistis, kalau vaksinasi vaksin Covid-19 yang akan dilakukan di Kota Ambon, akan berdampak baik bagi seluruh masyarakat. “Saya begitu optimis, jika semua yang kita lakukan dan sudah persiapkan dengan baik, pasti juga akan berjalan dan berdampak baik lah untuk kita,” pungkasnya. (BKA-1).

Comment