by

Vaksinasi Tenaga Pendidik di KKT Masih Rendah

TANIMBAR-BKA, Sejak memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, sejumlah sekolah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) berkeinginan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Namun pemerintah setempat belum mengijinkan, lantaran sebagian besar tenaga pendidik belum divaksin.

Pemerintah setempat bahkan telah memberlakukan PPKM mikro level 3, yang mana sebelumnya telah menganjurkan para tenaga pendidik untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Sehingga ketika kondisi memungkinkan, para guru yang ada bisa melakukan belajar tatap muka.

Baca juga: Pemkab Buru Raih Penghargaan KLA 2021

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KKT Eko Bambang mengaku, vaksinasi untuk tenaga pendidik menjadi salah satu syarat bagi sekolah, untuk melakukan belajar tatap muka. Agar dapat mencegah penularan virus Corona di lingkungan sekolah.

“Kalau realisasi vaksinasi para pendidik dalam hal ini guru, rata-rata tingkat kabupaten ya masih rendah. Namun animo di tingkat kecamatan cukup tinggi,” tutur Bambang, kepada media ini, Selasa (3/8).

Dikatakan, pihaknya belum mengetahui angka pasti berapa tenaga pendidik yang telah menjalani vaksinasi. Namun jika diperkirakan masih dibawah 30 persen. Sehingga pihaknya sementara mengupayakan agar seluruh tenaga pendidik di KKT menjalani vaksinasi.

“Tidak semua pendidik bisa diberi vaksin. Ada beberapa guru yang tidak memenuhi kriteria. Misal kondisi tubuh yang tidak memungkinkan atau punya penyakit bawaan,” tutupnya. (BTA)

Comment