by

Ve’e Kes Yang Antar Malra Raih TPID Terbaik

beritakotaambon.com – Inovasi Ve’e kes Yang atau Kebun Perbekalan, mengantarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Awards tahun 2020.

Ve’e kes Yang dinilai menjadi salah satu iniovasi terbaik, untuk menjaga ketahanan pangan serta inflasi daerah ditengah massa Pandemi Covid-19.

Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Nasional tahun 2020, yang dibuka langsung oleh Presiden RI dan dipimpin Menko Perekonomian yang didampingi Gubernur Bank Indonesia, Rabu (25/8).

Baca juga: Sinergi Pempus dan Malra Kembangkan Industri Rumput Laut

Pada rapat tersebut, diumumkan kalau TPID Kabupaten Malra sebagai TPID terbaik tahun 2020 untuk wilayah Nusa Tenggara-Maluku- Papua.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, usai mengikuti virtual meeting Rakornas tersebut, mengatakan, Malra dengan inovasi gerakan ketahanan pangan Malra, Ve’e Kes Yang telah mendorong budaya berkebun, difersifikasi pangan lokal, dan peningkatan produktivitas pertanian, akhirnya mendapat pengakuan Pempus melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dengan penghargaan TPID kabupaten/kota terbaik tahun 2020.

Penghargaan TPID terbaik yang diterima Pemkab Malra tersebut, katanya, untuk kedua kali secara berturut-turut. Karena penghargaan serupa juga diterima pda 2019 lalu.

Dasar penetapan Malra meraih TPID, ungkap Hanubun, karena pelibatan Forkopimda, Ormas, tokoh adat, tokoh agama, OPD, dan PKK Kabupaten dan Kecamatan dan masyarakat serta semua pihak dalam gerakan ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, terangnya, kontribusi sektor pertanian sangat besar dalam mengendalikan inflasi di daerah. Sehingga sektor tersebut akan terus dikuatkan.

Baca juga: Turunkan Pengangguran dan Kemiskinan Lewat Rumput Laut

“Menghadapi new normal, lahan-lahan Ve’e Kes Yang yang sebelumnya dikelola oleh OPD, kini diserahkan kepada masyarakat untuk kelanjutan pengelolaannya,” tandas Hanubun.(MG-3)

Comment