by

Wabup Terima Hasil Akhir TMMD 110 di Aru

Ambon, BKA- Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, menerima penyampaian hasil akhir pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021, yang disampaikan Dandim 1503-03/Tual, Letkol Inf. Mario C Noya.

Penyerahan hasil akhir TMMD ke-110 yang berlangsung di Lantai 2 BPKAD Kepulauan Aru, Rabu (31/3), turut dihadiri Kajari Kepualauan Aru Andi Panca Sakti, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, Kapolres Kepulauan Aru yang di wakili Kasat Binmas AKP R. Bembuan, Danramil 1503-03/Dobo Kapten Inf Hi Bakri Renhoat, Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Doddy Masaoy, Wadanki 2 Yon C Pelopor Ipda J.C Kalahatu serta tamu undangan lainnya.


Wakil Bupati (Wabup) dalam sambutannya, menyampaikan, terima kasih kapada TNI AD, khususnya Kodim 1503-03/Tual bersama jajarannya, yang telah melaksanakan TMMD ke-110 di Kabupate Kepulauan Aru.

Menurutnya, TMMD ke-110 yang dilaksanakan sejak 2 hingga 31 Maret 2021, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Baik secara fisik maupun non fisik. Misalnya, program pembangunan drainase dan jembatan penghubung, maupun sosialisasi terkait penanganan Covid-19, penyuluhan tentang pentingnya lingkungan hidup, kesadaran bela negara, bahaya narkoba serta pelayanan KB.

“Semua kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras berbagai pihak, baik TNI/Polri dan pemerintah daerah, yang berhasil membantu dalam meningkatkan pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Wabup.

Lebih lanjut, kata Wabup, hasil kegiatan TMMD ke-110 telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kepulauan Aru, khususnya di Kota Dobo. Sehingga pemerintah kabupaten patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap terlaksananya program tersebut, sebab hal itu merupakan salah satu upaya akselerasi pembangunan untuk memajukan masyarakat yang sejahtera.

Maka dapat disimpulkan, kegiatan TMMD yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Aru itu, sejalan dengan visi dan misi pembangunan nasional dan daerah, untuk mengatasi berbagai masalah bagi peningkatan perencanaan dalam penanggulangan bencana alam.

“Saya mau sampaikan, bahwa apa yang dilakukan TNI lewat program TMMD di Kepulauan Aru ini merupakan program TNI secara nasional. Hal ini juga berkaitan dengan visi misi pemerintah dari pusat hingga daerah. Jadi sekali lagi, mewakili pemerintah dan masyrakat Kepulauan Aru, maka ijinkan saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas terlaksananya TMMD dari awal hinnga selesai,” kata Wabup.

Ditempat yang sama, Dandim 1503-03/Tual, Letkol Inf. Mario C Noya, mengatakan, TMMD merupakan program kerja sama terpadu dan sinergitas yang berkelanjutan, antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Tambahnya, semuanya saling mensinergikan program untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah, agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan, tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, perbatasan yang jauh dari perkotaan.

“Semangat kebersamaan dan kegotong-royongan seperti inilah yang sebenarnya merupakan salah satu ciri kepribadian bangsa Indonesia, dan menjadi hal yang hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat. TNI akan selalu hadir untuk mambantu masyarakat yang berada di wilayah-tertinggal/termiskin dan lain sebagainya,” tutupnya. (WAL)

Comment