by

Wacana Pergantian Sekda SBT Makin Gencar

Ambon, BKA- Wacana pergantian Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), makin gencar mewacana di tengah masyarakat kabupaten tersebut.

Apalagi saat ini, Sekda SBT, Syarif Makmur, sebentar lagi akan memasuki masa pensiun.

Saling menjagokan figur birokrasi yang pantas menggantikan Syarif Makmur sudah ramai dimainkan. Ada sejumlah nama birokrasi senior dinilai pantas menduduki jabatan Sekda SBT.

Diantaranya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Sadli lie. Kepala Dinas Koperasi Industri dan UMKM Kabupaten SBT, Dr. Adam Rumbalifar. Serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten SBT, Drs.Jafar Kwairumaratu.

Dari ketiga nama tersebut, Jafar Kwairumaratu yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten SBT, dinilai yang paling banyak mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Baik dukungan dari politisi, birokrasi senior lingkup Pemkab SBT, hingga tim pemenangan Mukti-Idris (ADIL) pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Memang sebagai salah satu ASN senior dilingkup Pemkab SBT, Jafar Kwairumaratu patut untuk diperhitungkan untuk mendapat promosi jabatan Sekretaris Daerah. Dia pernah menduduki jabatan Kepala Kesbangpol dan Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD SBT, sebelum ditunjuk Bupati Abdul Mukti Keliobas sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten SBT.

Dukungan tersebut misalnya datang secara terang-terangan dari Ketua Komisi C, Abdullah Kelilau, pada saat rapat kerja bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten SBT dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten SBT, beberapa waktu lalu.

“Jadi, kalau pak Kadis Pemdes ini jadi Sekda, kan Komisi C punya nama to. Ini sekertaris tim yang bilang. Tapi kalau sudah jadi Sekda, itu nomor HP harus aktif,” tandas Kelilau saat itu.(LAN)

Comment