by

Wagub : Festival Pesona Meti Kei Ajang Promosi Wisata Maluku

beritakotaambon.com – Festival Pesona Meti Kei yang digelar di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), bukan saja untuk mempromosikan kabupaten tersebut. Melainkan mempromosikan seluruh wilayah Maluku dengan pesona keindahan dan potensi wisata yang dimiliki.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, saat membuka Karnaval Budaya menyongsong Festival Pesona Meti Kei, yang dipusatkan di Stadion Maren Langgur, Malra, Sabtu (23/10).

Menurutnya, Festival Pesona Meti Kei yang telah mendunia ini memiliki kontribusi besar bagi potensi wisata dan wisatawan yang akan datang ke Maluku.

“Saya kira, suatu saat ketika orang luar negeri atau dari pemerintah pusat datang ingin menyaksikan festival ini, pasti mereka akan bertanya Meti Kei itu dimana ? Meti Kei itu di Maluku Tenggara dan Maluku. Maka dengan sendirinya Maluku yang lain juga akan dikenal. Dan itu berarti akan memiliki kontribusi besar bagi potensi wisata dan wisatawan yang akan datang ke Maluku,” tutur Orno.

Baca juga: FPMK, Wujudkan Malra Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

Ia mengibaratkan, Festival Pesona Meti Kei bagaikan lilin yang memberikan cahaya dan akan menjadi spirit, bagi seluruh Maluku untuk dikenal.

“Maluku ini bagaikan surga. Jagalah selalu persaudaraan. Saya percaya sungguh Maluku Tenggara ini merupakan pusat pertama peradaban Tenggara Raya waktu itu. Jadi jaga ini baik-baik sebagai kebesaran masyarakat Maluku Tenggara pada khususnya dan Maluku pada umumnya,” pesannya..

Pembukaan kegiatan Karnaval Budaya menyongsong Festival Pesona Meti Kei Tahun 2021 itu ditandai dengan pemukulan gong.

Saat pemukulan gong, Wagub Orno di dampingi Sekretaris Daerah Maluku Tenggara A.Yani Rahawarin (mewakili Bupati Kabupaten Maluku Tenggara-red), Anggota DPR RI Mercy Barends dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemkab Maluku Tenggara.

Untuk diketahui, pembukaan Karnaval Budaya sebagai salah satu rangkaian acara Festival Pesona Meti Kei Tahun 2021, menampilkan iring-iringan dari kelompok peserta yang membawa keunikan adat budaya yang ada di daerah Kepulauan Maluku Tenggara.

Baca juga: Maularak: Bukan Soal Sesuai Prosedur, Tapi Soal Keselamatan Warga

Peserta karnaval menampilkan para siswa dan siswi dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK se- Kabupaten Maluku Tenggara. (IAN)

Comment