by

Wagub: SDM ASN Aset Utama Maluku

Sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aset utama organisasi pemerintah daerah. Terutama dalam mengemban peran strategis pada jabatan manejerial dan fungsional sesuai kebutuhan dan beban kerja daerah.

“SDM ASN yang berkualitas, dapat berdampak pada optimalisasi kualitas pelayanan publik, serta capaian kinerja pembangunan daerah di Provinsi Maluku,” ungkap Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, kepada wartawan, Selasa (13/7).

Dijelaskan, pengembangan kompetensi ASN, merupakan kebutuhan mendesak dalam mendayagunakan, memelihara, memetakan serta meningkatkan kompetensi pegawai. Agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemerintah daerah.

“Untuk itu, pelaksanaan pengembangan kompetensi wajib disusun oleh setiap instansi pemerintah. Sehingga dapat dipetakan kebutuhan pengembangan kompetensi pegawai, sesuai kebutuhan dan beban kinerja instansi pemerintah,” terangnya.

Orno juga mengaku, untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah, ada sembilan langkah strategis Pemprov Maluku yang patut didorong seluruh ASN, dalam rangka percepatan pembangunan di tahun 2022 mendatang.

Pertama, lanjut dia, mendorong percepatan infrastruktur Maluku sebagai LIN dan Ambon New Port. Kemudian mendorong peningkatan investasi dan ekspor komoditas perikanan, pertanian dan kehutanan.

“Ketiga, mengusulkan pariwisata Banda sebagai Proyek Strategis Nasional, termasuk rehabilitasi Istana Mini Banda Naira. Keempat, mengusulkan pembangunan infrastuktur dasar di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal. Dan kelima, peningkatan mutu pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan. Dan keenam, mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga gas 500MW, guna mendukung kawasan industri di Pulau Seram,” imbuhnya

Orno juga menambahkan, untuk poin ketujuh, langkah strategis adalah mendukung pengesahan RUU Kepulauan, untuk peningkatan kapasitas keuangan daerah dan meningkatkan kinerja birokrasi.

“Delapan, pelayanan publik berbasis digital. Dan sembilan, penerapan standarisasi pelayanan dan produk pemerintahan berbasis SNI,” tutup Mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) ini. (MG-2)

Comment