by

Wagub : Star-Up Solusi Kurangi Pengangguran

AMBON-BKA, Gerakan 1000 StarUp Digital yang diinisiasi Kementerian Kominfo, diharapkan menjadi salah satu langkah maju dan inovasi untuk mengurangi angka kemiskinan serta menciptakan lapangan pekerjaan di Maluku.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Orno, usai hadiri kegiatan Gerakan 1000 Startup Digital, yang turut melibatkan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), secara virtual, Minggu (8/8).

Menurut Wagub, gerakan dengan tema “Starup Sebagai Solusi”, ini dapat menjadi wadah bagi pengembangan ekosistem startup digital. Sehingga adaptasi teknologi di masyarakat dapat terus meningkat. Juga diharapkan, inovasi teknologi yang dihadirkan Startup akan menjadi salah satu kunci terwujudnya kemandirian ekonomi bagi masyarakat, khususnya di Maluku.

Baca juga:
Walikota Ambon Sembuh Dari Covid-19

“Hal ini diupayakan agar pemanfaatan inovasi teknologi oleh Startup, dapat dimanfaatkan secara meluas. Dan tidak hanya memusat pada titik-titik tertentu, mengingat Maluku adalah daerah kepulauan,” ungkap Orno saat di wawancarai di kantor Gubernur Maluku, Minggu(8/8).

Ia berharap, inovasi berbasis teknologi digital akan dapat menyasar berbagai kalangan, terutama kaum milenial di Maluku. Sehingga dapat membantu mendorong kemandirian ekonomi lokal dan dapat memunculkan inovator-inovator muda dari Maluku.

Dirinya juga mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap Pelaksanaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. “Berbagai inovasi menjadi senjata utama startup dalam menjalankan bisnisnya. Namun pada sisi yang lain, inovasi yang dihadirkan tersebut juga turut berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai masalah serta tantangan yang dihadapi masyarakat, terutama di saat pandemi ini,” tuturnya

Menurut dia, startup dapat membantu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualiltas ekonomi melalui produk serta layanan berbasis teknologi. Hal tersebut juga didukung adanya peningkatan adaptasi penggunaan teknologi oleh masyarakat secara luas, termasuk di Maluku.

“Dengan adanya Gerakan Startup Digital ini, semoga dapat menjadi salah satu langkah maju dan didukung Pemprov Maluku. Juga dapat menjadi inovasi untuk menurunkan angka kemiskinan, dan menciptakan lapangan pekerjaan di Maluku,” pungkasnya. (MG-2)

Comment