by

Waiheru Alokasi Anggaran Tangani Stunting

AMBON-BKA, Pemerintah Desa (Pemdes) Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan stunting di lingkungannya.

Sama halnya dengan desa lain, Desa Waiheru juga turut mengangkat stunting dalam program kerja desa dalam setahun. Dan ini merupakan program wajib yang dianjurkan pemerintah.

Baca:
Warga Hative Kecil Akan Dilatih Kelola Keuangan

“Penanganan stunting itu sudah menjadi program wajib seluruh desa di Indonesia. Desa Waiheru juga mengangkat penanganan stunting menjadi program. Sudah sejak lama hal ini kami lakukan. Dan ada juga alokasi dana untuk penanganan stunting,” terang Kasie Pemerintah Desa Waiheru, Rahmat Rakasima, saat ditemui koran ini, Kamis (29/7).

Ia juga menjelaskan, setiap hasil rembuk stunting akan dimasukan dalam anggaran program. Dan untuk tahun sebelumnya, penanganan stunting yang dilakukan berupa pemberian makanan tambahan. Posyandu juga diberikan penguatan untuk bisa membantu penanganan stunting.

Baca: Peran BUMDes Penting Kembangkan Ekonomi

“Untuk aksi penanganan kami berikan makanan tambahan bagi ibu hamil. Selain itu juga kami memastikan setiap posyandu yang ada bisa membantu penanganan stunting,” jelasnya.

Pemdes Waiheru, lanjut Rahmat, turut mengajak masyarakat untuk peduli kepada kesehatan dalam rangka upaya memberantas stunting di Indonesia. Karena penanganan stunting butuh kesadaran masyarakat.

“Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kita akan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Masyarakat bisa mulai dengan membersihkan lingkungan dan menjaga pola makan teratur. Terutama orang tua harus memperhatikan pola hidup anak mereka. Dengan begitu kita bisa terbebas dari berbagai penyakit, bukan saja stunting,” tutupnya. ( BKA-2)

Baca juga:
Dana Kelurahan Terbatas Atasi Kemiskinan

Comment