by

Waihoka Konsisten Ikuti Protokol Kesehatan

Kelurahan Waihoka, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tetap konsisten dalam menjalani protokoler kesehatan yang masih berlaku. Lurah Waihoka demi fokus penanganan covid-19 hingga menghentikan program lainnya. Protokoler yang tetap dihimbau kepada warga yaitu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tetap memakai masker saat beraktivitas diluar rumah. Setelah adanya dua pasien yang pernah terindikasi positif covid-19, pemerintah kelurahan lebih ketat menghimbau warga ikuti protokol kesehatan.

“Kami masih fokus untuk penanganan covid-19 seperti tetap menghimbau warga ikuti protokol kesehatan yang berlaku dan masih fokus kepada pembagian bansos bagi warga terdampak covid-19. Pernah ada dua pasien covid di kelurahan ini, namun dengan cepatnya penanganan sehingga dua bulan yang lalu mereka sudah dinyatakan sembuh. Kami lebih ketat dalam menghimbau warga agar mengikuti protokol agar tidak ada lagi kasus covid-19 di kelurahan kami. Semenjak dua psien itu selesai di karantina, belum ada lagi yang terinfeksi covid. Jika ada maka puskesmas akan langsung mengkonfirmasi dengan kita untuk segera ditindak lanjuti,” tutur Agus Pattikawa Lurah Waihoka.

Pattikawa bahkan dengan tegas menghimbau warga untuk menjaga jarak. Warga dilarang melakukan kegiatan ataupun acara yang membuat warga berkumpul. Demi mengikuti protokol yang ada, acara dalam memperingati HUT RI ke-75 ditiadakan. Warga hanya diminta mengheningkan cipta saat bendera sedang dikibarkan, itupun dilakukan dirumah masing-masing sesuai arahan pemerintah lewat televisi. Untuk menangani penyebaran covid juga dibentuk gugus tugas yang terdiri dari semua RT yang ada di kelurahan ini.

“Kami melarang warga untuk melakukan kegiatan apapun yang dapat membuat kerumunan sehingga virus lebih cepat menyebar. Misalnya untuk 17 agustus kemarin kami tidak mengadakan kegiatan apapun hanya warga diminta mengheningkan cipta sesuai arahan pemerintah lewat TV itupun dilakukan dirumah masing-masing. Kami juga membentuk tim gugus tugas penanganan covid-19 yang didalamnya melibatkan RT yang ada dikelurahan ini. Kami juga bekerja sama dengan koperasi untuk pembagian masker kepada warga sebelum 17 agustus kemarin,” tutupnya. (MG-1)

Comment