by

Wajah Kota Bula Harus Jadi Perhatian Pemkab

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Agil Rumakat, mengatakan, salah satu persoalan yang sering dihadapi masyarakat Kota Bula saat musim penghujan, yakni, masalah banjir yang terjadi di sejumlah kawasan.

“Sebagus apapun kabupaten ini kita bangun, tapi kalau wajah Ibukota Kabupaten seperti ini, maka dinilai tidak ada keberhasilan apa-apa,” ucap Rumakat, usai meninjau banjir di sejumlah kawasan di Kota Bula, Sabtu (10/07).

Menurutnya, Pemkab SBT harus berupaya agar mengatasi banjir di Bula melalui perencanaan yang pas. Hal tersebut menjadi sesuatu hal yang sangat prinsipil.

“Untuk mengatasi banjir di Bula, harus punya perencanaan yang pas. Pemkab harus menunjukkan pihak yang dalam perencanaan itu tepat. Kalau itu konsultan yang dipakai, maka harus konsultan yang benar-benar punya perencanaan matang,” terang Rumakat.

Menurut Ketua DPD Golkar SBT tersebut, jika Pemkab SBT tidak secepatnya mengambil langkah antisipatif, dikhawatirkan banjir ke depan dapat lebih parah. Bahkan bisa merenggut korban jiwa, terutama kalau terjadi malam hari.

Apalagi, katanya, pemukiman warga di Kota Bula semakin padat. Setiap tahun terjadi peningkatan.

“Dengan padatnya permukiman warga, sudah pasti berisiko pada tingkat serapan air yang cukup rendah, sehingga dapat memicu cepat terjadinya banjir. Bukan hanya itu, pembukaan lahan baru untuk perkebunan maupun permukiman baru, juga turut berisiko menyebabkan terjadinya banjir, karena serapan air yang tidak lagi maksimal. Sehingga langkah antisipasi sudah harus dilakukan. Jangan dianggap biasa saja, sebab ke depan bakal lebih parah seiring padatnya permukiman warga,” pungkasnya.(SOF).

Comment