by

Wakapolres Pulau Buru Dimutasi

Kepolisian Resor (Polres) Pulau Buru melaksanakan upacara serah terima jabatan (Sertijab) terhadap jabatan Wakapolres, Kasat Resnarkoba, Kapolsek dan pengukuhan jabatan Kabaglog Polres Pulau Buru, Sabtu (22/5).

Sertijab yang dilaksanakan di lapangan apel Polres Pulau Buru itu, dipimpin langsung Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febri Kusumawitmaja. Sertijab tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Maluku.

Dalam kegiatan Sertijab itu, pejabat yang baru diambil sumpah jabatan, kemudian dilanjutkan penanda tanganan berita acara, dan serah terima jabatan dengan pejabat yang lama, dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun pejabat yang disertijabkan yaitu Wakapolres Pulau Buru dari Kompol Bachri Hehanussa kepada Kompol Janni Parinussa, yang sebelumnya merupakan Wakapolres Maluku Barat Daya (MBD). Sementara Kompol Bachri Hehanussa diamanahkan jabatan baru sebagai Kasubbag Pakat Kerma (Kabagkerma) Roops Polda Maluku.

Kemudian, jabatan Kasatres Narkoba Polres Pulau Buru dari AKP Muh. Sabir kepada Iptu Rizki Arif Prabowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Panit 3 Subdit 1 Ditintelkam Polda Maluku. Kemudian, AKP Muh. Sabir mendapatkan amanah baru sebagai Kasubbagstrajemen Rb Bagren Polres Pulau Buru.

Selanjutnya, IPDA Muhamad Faisal Tuasamu jabatan lama Kapolsek Kepala Madan dimutasi sebagai Kapolsek Kur Polres Tual dan Ipda Muhamad Maulana Dickyi, jabatan lama Kanit Reskrim Polsek Namlea diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Kepala Madan, Polres Pulau Buru.

Selain itu, dalam serah terima jabatan tersebut, AKP Jafar Husen diangkat sebagai PS. Kabaglog Polres Pulau Buru. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kasubbag Progar Bagren Polres Pulau Buru.

Dalam sambutannya Kapolres Egia Kusumawiatmaja, mengucapkan selamat kepada dua pejabat tersebut atas promosi jabatan yang diterimanya. Sertijab itu bertujuan agar sumber daya manusia Polri dapat terus berkembang dan menyesuaikan dinamika dan situasi Kamtibmas.

“Saya ucapkan selamat atas promosi jabatan yang diberikan pimpinan kepada saudara. Untuk itu, segera menyesuaikan diri dan membangun solidaritas sesama anggota,” tutur Egia.

Menurut dia, mutasi jabatan atau ahli tugas serta sertijab itu, merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi. Dimana kegiatan tersebut bagian dari pembinaan personel dan karier anggota Polri melalui suatu sistem tour of duty dan tour of area.

“Mutasi jabatan juga merupakan bagian integral dari pengembangan karier anggota Polri itu sendiri. Parameter utama yang digunakan oleh pimpinan dalam menentukan jabatan bagi setiap anggota Polri dilakukan melalui pertimbangan, kapasitas, kompetensi, dedikasi, integritas, loyalitas dan moralitas serta pendidikan dan pelatihan dan komitmen terhadap tupoksi serta insitusi,” sebutnya.

Ia berharap, dengan adanya Wakapolres, Kasat Resnarkoba, Kapolsek Kepala Madan dan pengukuhan jabatan Kabaglog Polres Pulau Buru, ini dapat terus memberikan motivasi kepada personel.

“Harapan saya sebagai Kapolres dan juga mungkin mewakili harapan seluruh anggota personel Polres Pulau Buru dengan adanya pejabat-pejabat baru ini mampu memberikan motivasi yang lebih yang selama ini sudah berjalan dengan baik, terus dimentes motivasi, kemudian bisa mampu untuk ditingkatkan lagi, sehingga tantangan-tantangan ke depan ini bisa dihadapi oleh Polres Pulau Buru dengan semangat-semangat baru,” kuncinya. (MSR)

Comment