by

Walikota Ambon Apresiasi Dinas Perpustakaan

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpustakaan sekolah.
Richard mengaku, hidup saing di era industri 4.0 ini, siswa-siswi harus diingatkan agar banyak membaca. Sehingga memiliki ide, gagasan dan teori yang baru. Dengan begitu, bisa menjawab kebutuhan sekarang.

Yang mana Kota Ambon memiliki kurang lebih 202 SD/MI dan 50 SMP/MTs. Namun ada yang punya ruangan khusus untuk perpustakaan tapi ada juga yang tidak punya ruangan dimaksud. Namun itu tidak menjadi soal.
“Meski begitu. Namun harus bisa dipastikan apakah penyelenggaraan dan pengelolaannya berdasarkan standar nasional perpustakaan atau tidak. Karena itu yang paling penting,” terangnya dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Sekertaris Kota Ambon, Rulien Purmiasa pada acara Bimbingan Teknis Akreditasi perpustakaan sekolah di Kota Ambon, di Hotel Pasifik, Senin (26/4).
Dikatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, dapat mengukur peningkatan atau perkembangan perpustakaan di masing-masing Sekolah. Untuk itu, diharapkan, peserta harus fokus dan ikuti dengan baik, kegiatan dimaksud.

“Harapan Pak Walikota, yaitu setelah kegiatan ini, perpustakaan sekolah segera sudah mengajukan permohonan untuk akreditasi. Dan harus ingat, layanan kita adalah layanan yang mengacu pada standar pelayanan minimal, ” tandasnya.
Sementara Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional, Dra.Adriati mengatakan, bimtek tersebut, para peserta akan mengetahui bagaimana cara terakreditasi. “Itu harus melewati beberapa yakni standarnya, peraturannya, pedomannya, ” sebutnya.

Sekedar tahu, kegiatan bimtek itu digelar Dinas Pariwisata dan Kearsipan Ambon. Sementara jumlah peserta sebanyak 198 perpustakaan dari SD/MI SMP/MTs Kota Ambon. (IAN)

Comment