by

Walikota : Banjir Bukan Kesalahan Pemerintah

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, kondisi banjir yang terjadi beberapa hari lalu pasca hujan deras, bukan menjadi kesalahan pemerintah kota. Pasalnya, banjir merupakan hal alamiah setiap musim penghujan.

“Semua ini situasi yang alamiah. Kalau air laut turun yang pastinya tidak ada pengaruh apapun kalau terjadi hujan yang deras,” ungkap Richard, kepada wartawan, Selasa (6/7).

Dijelaskan, kota bertajuk Manise ini sangat dekat dengan pantai. Sehingga ketika curah hujan cukup tinggi disertai air pasang, maka pastinya akan menimbulkan banjir.

“Kalau orang nggak paham, nggak ngerti ya sudah, banjir dikaitkan dengan gorong-gorong dan lain-lain. Padahal ini situasi alamiah tidak dibuat-buat,” ujarnya.

Walikota dua periode ini juga meminta, agar masyarakat bisa paham dengan kondisi tersebut. Sebab pemerintah tidak mungkin menyusahkan masyarakatnya.

Richard mengaku, semenjak hujan di kota Ambon, pihaknya terus melakukan pemantauan. “Saya juga, sejak hujan saya terus pantau kondisi kota,” sebutnya.

Bahkan laporan yang diterima dari Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo, lanjut Ricard, titik-titik longsor akibat hujan beberapa hari lalu telah dibersihkan.

Tak hanya itu, Richard juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Maluku karena sudah memperbaiki drainase di Kota Ambon.

“Meski air masih naik, tetapi paling cepat surut. Karena jaringan drainase juga semakin baiklah buat kita. Itu menurut saya sangat bagus untuk kota,” pungkasnya. (IAN)

Comment