by

Walikota : Dinkes Mulai Lakukan Pendataan

Ambon, BKA- Terkait vaksin Covid-19 yang tidak lama lagi Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon akan diberikan stok Vaksin tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan pendataan kepada masyarakat yang umurnya masih dalam prioritas Vaksinasi Covid-19.

“Dinkes Ambon, sudah mulai lakukan pendataan di Puskesmas, bagi warga yang memiliki usia mulai dari 18 hingga 50 tahun,” ujar Walikota Ambon, Richard Louhenpessy, kepada wartawan, Jumat (18/12).

Dijelaskan, pendataan yang mulai dilakukan kepada masyarakat itu, merupakan sebuah langkah antisipasi setelah Kota Ambon nantinya mendapatakan Vaksin Covid-19.

“Sebagai antisipasi kita, dalam pelaksanaan penerapan vaksinasi yang nanti dilakukan berdasarkan petunjuk dari Jakarta atau Pemerintah Pusat, ” ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya melakukan pendataan kepada masyarakat, sekaligus memberikan penjelasan tentang Vaksin Covid-19 akan dilakukan oleh Puskesmas setempat.

Selain itu, tambah Richard, dalam waktu dekat Pemkot akan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan beberapa pihak untuk membicarakan terkait protokol kesehatan yang akan diterapkan kepada masyarakat.

“Ini kan jelang Natal dan Tahun baru 2021, jadi sehari dua ke depan kita akan rapat dengan pihak dari Pelabuhan, ASDP, serta pihak Bandara, untuk membahas secara bersama terkait penanganan penerapan Protokol Kesehatan,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, tujuan dari Rakor bersama beberapa pihak itu agar, baik Pemkot maupun pengelola bandara, pelabuhan dan lain sebagainya bisa satu pendapat, untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kita bisa menangani persoalan penerapan Protokol Kesehatan secara terpadu. Dalam memerangi penularan wabah corona ini, kita semua harus satu bahasa. Makanya mesti dilakukan Rakor, ” kuncinya. (BKA-1)

Comment