by

Walikota Hadiri Paripurna HUT Kota

Ambon, BKA- Sambut HUT Kota Ambon ke 445 tahun tepatnya hari ini, Walikota Ambon, Ricard Louhenapessy menghadiri rapat Paripurna HUT Kota Ambon bersama DPRD Ambon secara virtual, Sabtu (5/9).

Dalam sambutannya, Richard meminta, agar seluruh masyarakat maupun pejabat di kota bertajuk Manise ini, selalu berdoa untuk terhindar dari ancaman Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

“Peringatan HUT Ambon ke 445 ini, terasa beda. Karena dirayakan di tengah wabah penyakit secara global atau pandemi. Virus Corona ini, kita tidak menyangka masuk ke Indonesia, khususnya Kota Ambon. Kita belum dapat memprediksikan kapan akan berakhir,” sebut Ricard.

Tuturnya, karena masih dalam kondisi pandemi maka beberapa agenda jelang HUT Kota Ambon harus dilakukan secara virtual, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dia menyebutkan, dalam data Satuan Gugus Ambon pada 2 September kemarin, untuk Kota Ambon terdapat 599 warga terkonfirmasi Covid-19.
Diantaranya, berasal dari Kecamatan Sirimau sebanyak 285, Kecamatan Nusaniwe 192, Kecamatan Teluk Ambon Baguala 78, Kecamatan Teluk Ambon 39 dan Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) 5 warga.

“Tetapi pada sisi lain, kita bersyukur 2 September kemarin terdapat ada 7 desa atau negeri di Ambon, tidak ditemukan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Namun demikian, Kita harus tetap menjaga pergerakan orang di daerah atau kawasan, karena dapat berpotensi sebagai perantara dan pembawa Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, Ricard merincikan jumlah warga terkonfirmasi Covid-19 di Kota Ambon sebanyak 1.483 jiwa. Diantaranya 858 jiwa telah sembuh, 26 jiwa telah meninggal dunia, dan 599 jiwa masih dirawat sebagai pasien Covid-19.

Sekedar tahu, rapat tersebut, Rapat dipimpin Ketua DPRD, Ely Toisutta, didampingi Wakil Ketua DPRD, Gerald Mailoa dan Rustam Latupono beserta tamu undangan yang hadir. Rapat itu, berjalan aman, lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. (BKA-1).

Comment