by

Walikota Hadiri Upacara HUT RI Lewat Zoom

beritakotaambon.com – Meski masih melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah pribadi, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy turut mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 76 (2021) lewat zoom meeting.

“Iya betul, Pak Walikota ikut upacara HUT RI via zoom meeting,” tandas Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, saat dihubungi media ini, lewat pesan Whatsapp, Selasa (17/8).

Menurut Joy, walaupun walikota dua periode itu tidak mengikuti upacara secara langsung di pelataran Balaikota, namun tidak mengurangi makna dari perayaan HUT Proklamasi di tahun ini.

Politisi Golkar Maluku yang masih melakukan isoman, karena baru keluar dari tempat karantina terpusat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr J Leimena akibat terpapar Covid-19.

Bukan saja Walikota, Istri dan satu anaknya juga dinyatakan positif Covid-19. Mereka semua tertular dari supir pribadi walikota yang lebih awal terpapar virus tersebut.

Diketahui, karena Walikota tidak bisa hadir untuk memimpin upacara HUT RI yang ke 76 di lingkup Pemerintah Kota, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Elly Toisutta dalam upacara tersebut bertindak sebagai pembaca naskah Proklamasi.

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan, kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta 17 Agustus 1945. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno Hatta,” sebut Toisuta, membacakan isi Proklamasi.

Sekedar tahu, upacara HUT RI kali ini, sama dengan tahun 2020 kemarin. Dimana seluruh peserta upacara dibatasi dan mengedepankan protokol kesehatan selama upacara berlangsung. Ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19. (IAN)

Comment