by

Walikota : Ikan di Arumbae Aman dari Formalin

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy membenarkan informasi terkait penjualan ikan di Pasar Arumbae Mardika, yang diisukan terindikasi formalin. Diakuinya, dari hasil uji laboratorium menyatakan ikan yang dijual di pasar Arumbae dapat dikonsumsi, karena bebas dari bahan formalin.

Politisi Senior Golkar ini menyebutkan, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perikanan telah bekerja sama dengan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Ambon untuk melakukan uji sampel terhadap ikan para pedagang. Dan hasil yang keluar dari Laboratorium, menyatakan ikan di pasar tersebut dapat dikonsumsi karena bebas formalin.

Dijelaskan, pengambilan sampel ikan dilakukan pada 12 November 2020 lalu. Sementara sampel ikan yang diambil diantaranya, ikan tuna ekor kuning, cakalang, komu, tongkol, layang, kembung, kakap, lalosi, pisan, bubara, kakatua, kawalinya, ikan Puri kering dan udang.

“Hasil uji laboratorium itu dapat disimpulkan bahwa semua jenis ikan yang disampling pada 12 November di pasar Arumbae Mardika aman dari bahan formalin,” tegasnya, kepada wartawan di Ambon, Jumat (11/12).

Ditambahkan, alasan pihaknya melakukan pengambilan sampel ikan untuk diuji pada laboratorium, lantaran ada isu yang berkembang bahwa ikan yang dijual di pasar Arumbae mengandung bahan formalin.

Padahal, pihaknya maupun stakeholder lainnya selalu melaksanakan pengawasan dan pemantauan secara rutin.
“Kenapa baru di 12 November jalan, karena seiring laporan yang disampaikan seakan-akan ada temuan ikan di Ambon ada unsur formalin. BKIPM dan dinas perikanan rutin laksanakan survei dari waktu ke waktu, agar jelas dan tidak menimbulkan kecurigaan antara satu dengan yang lainnya,” tutup Richard. (BKA-1)

Comment