by

Walikota Ingatkan Soal Perubahan Iklim

beritakotaambon.com – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai perubahan iklim di Indonesia.

Menurutnya, di Indonesia telah terjadi perubahan iklim, yakni telah terjadi kenaikan suhu udara sekitar satu derajat celcius. Itu akan berdampak pada kerusakan lingkungan.

“Isu perubahan iklim dengan kenaikan suhu panas telah menjadi ancaman kerusakan lingkungan yang nyata di berbagai belahan dunia, termasuk di indonesia,” kata Louhenapessy, Sabtu (28/7).

Salah satu faktor penyebab kenaikan suhu tersebut, terang Louhenapessy, karena pertumbuhan kota. Sehingga kemajuan sebuah kota juga berdampak negatif bagi kondisi lingkungan.

Baca juga: Berkas Korupsi DLHP Dipercepat Naik Sidang

Salah satu dampak kenaikan suhu tersebut bagi Kota Ambon, katanya, Ambon lebih sering dilanda hujan, yang menyebabkan longsor dan kenaikan permukaan air laut.

“Hal ini kita rasakan di Ambon, meski dalam skala kecil. Dimana hujan menyebabkan terjadinya longsor pada beberapa wilayah,” jelas Walikota Ambon dua periode itu.

Ada dua pilihan bagi warga Kota Ambon untuk menghadapi kondisi tersebut, yakni, tetap berpangku tangan dan mewariskan kerusakan lingkungan kepada anak cucu pada 30 sampai 50 tahun mendatang. Atau mulai bergerak untuk menyelamatkan lingkungan bagi kelangsungan hidup anak cucu nanti.

Baca juga:
DPRD Maluku Vaksinasi Tahap II

“Saya yakin, kita semua akan sepakat untuk memilih opsi yang kedua. Karena pilihan nomor dua, akan membantu kita dalam menghadapi perubahan iklim,” pungkasnya.(IAN)

Comment