by

Walikota Kembali Rombak Birokrasi

Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler (Richard-Syarif), kembali melakukan perombakan birokrasi lingkup Pemerintah Kota Ambon. Perombakan tersebut sesuai janji yang dilakukan sebelum berakhirnya periodisasi kepemimpinan di tahun 2022 mendatang.

Beberapa pejabatan eselon II yang sebelumnya dinonaktifkan, telah diaktifkan kembali pada jabatan yang berbeda dari sebelumnya. Seperti mantan Kepala Dishub (Dishub) Kota Ambon, Piet Saimina telah diangkat sebagai Staf Ahli Walikota Ambon Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik. Sementara Plt Kepala Dishub, Robby Sapullete telah ditetapkan sebagai Kepala Dishub definitif.

Selain itu, Melianus Latuihamallo yang sebelumnya Plt Kepala Dinas PUPR, kini telah menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR definitif. Kemudian Jan Suitela selaku Kepala Badan Kesbangpol dan Rustam Simanjuntak sebagai Kepala Dinas PRKP definitif.

Menurut Richard, diwaktu yang sama, Pejabat eselon III dan IV juga ikut diambil sumpah jabatan. Diantaranya, Doddy Rettop yang sebelumnya Kepala Bidang Dinas PMTSP, kini menjabat Sekertaris Dishub.

“Ivonne Latuputty Pejabat Sekertaris PUPR, Hermas Tetelepta, Sekertaris Dinas PRKP, Muis Latuconsina, Sekertaris Dinas Kesbangpol, Jhony Sanders, Sekertaris Dinas Pendidikan,” tandas, Richard, kepada wartawan di Ambon, Selasa (1/6).

Walikota dua periode ini melanjutkan, Ricky Sopacua diangkat sebagai Sekertaris Dinas Sosial, Griselin Nanlohy, Sekertaris Dinas Kominfo-Sandi dan Dominggus Wattilette, Sekertaris Dinas BKPSDM.

“Semua ini hasil pertimbangan Tim Assesor maupun Pansel serta selaku pembina kepegawaian bersama pa Wakil dan Sekkot. Dan akhirnya kita dapatkan saudara dari aspek kepatutan dan kepantasan,” terangnya.
Mantan anggota DPRD Maluku ini berharap, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mengabdi di lingkup Pemerintah Kota Ambon, bisa mengabdi lebih serius.

“Harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi baru yang dialami. Apalagi faktanya ada kepala seksi yang sudah 15 tahun tapi belum diberi atensi, sehingga menjadi perhatian,” pungkasnya. (IAN)

Comment