by

Walikota : Kita Pinjam 50 Miliar dari Bank Daerah

beritakotaambon.com – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy membantah kalau Pemerintah Kota (Pemkot) pernah meminjam dana sebanyak Rp 50 miliar dari PT. SMI. Politisi Golkar ini mengaku, puluhan miliar itu dipinjam dari bank daerah, untuk seluruh kegiatan Pemkot Ambon.

“Kita bukan pinjam dari SMI, tapi kita pinjam 50 miliar dari bank daerah. Dan itu diperuntukkan untuk memback-up seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahanan,” sebut Richard, Sabtu (25/9).

Diakuinya, selama Covid-19 merebak di Kota Ambon, banyak dana yang diserap untuk memback-up masalah penanganan kesehatan dan ekonomi.

“Kita kan tahu persis bahwa untuk Covid ini begitu banyak dana yang diserap, untuk menangani masalah kesehatan dan masalah ekonomi masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain, sambungnya, tingkat pendapatan hasil daerah mengalami penurunan yang sangat signifikan. Itu akibat dari pandemi Covid-19.

“Kalau saja misalnya tingkat pendapatan daerah kita tidak mengalami masalah, saya yakin tidak ada terganggu dengan keuangan di Pemerintah Kota Ambon,” jelasnya.

Menurutnya, karena tingkat pendapatan hasil derah tidak sesuai harapan, maka pemerintah kota meminjam dana dari bank daerah. Namun pinjaman tersebut hanya dalam jangka pendek.

“Jadi bank suntik kita bantu, nanti Desember 2021 pinjaman ini sudah selesai. Sumber pelunasan nanti dari kas Daerah. Jadi seluruh komponen pendapat hasil daerah nanti diatur oleh keuangan untuk lunasi pinjaman itu,” pungkasnya. (IAN)

Comment