by

Walikota Lantik Johanis Sebagai Raja Hukurila

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara resmi melantik Johanis Marcus Jacobus Hahijary sebagai Raja Negeri Hukurila, untuk masa bakti 2020-2026. Proses pelantikan berlangsung di ruang rapat, lantai II Balai Kota Ambon, Jumat (6/11).

Richard menilai, proses pelantikan untuk raja negeri Hukurila sangat berbeda dengan negeri adat lain. Pasalnya, proses suksesi negeri Hukurila berjalan tanpa catatan, insiden, maupun keberatan dari masyarakat.

Bukan itu saja, walikota dua periode ini mengaku heran, karena dalam catatan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, baru pernah sekali serah terima jabatan dari raja sebelumnya kepada penjabat raja, baru raja definitif. Dan hal tersebut hanya terjadi pada negeri Hukurila, kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel).

“Biasanya hanya dari penjabat kepada raja definitif yang baru. Karena itu Pemkot memberi apresiasi luar biasa dan patut menjadi contoh buat negeri-negeri adat yang lain dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Ambon,” sebut dia.

Menurutnya, Pemerintah Kota turut memberikan penghargaan khusus dalam bentuk piagam kepada mantan raja dan masyarakat negeri Hukurila atas dukungan, partisipasi dan pengelolaan pemerintahan yang baik di negeri Hukurila sejauh ini.

Ia berharap, negeri Hukurila bisa menjadi contoh buat negeri adat lain yang ada di Ambon. Agar tidak ada lagi konflik yang terjadi ketika ada pemilihan raja negeri.

“Saya harap ini bisa jadi panutan bagi negeri adat lain. Hal istimewa kedua dari Hukurila juga yaitu semua masyarakat tanpa kecuali mengakui dengan ikhlas, bahwa yang berhak memerintah mereka itu mata rumah Hahijary yaitu Johanis Markus Jacobus Hahijary. Itu satu keistimewaan luar biasa,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment