by

Walikota Lantik Raja Nusaniwe

Ambon, BKA- Guntet de Soysa resmi dilantik sebagai Raja Negeri Nusaniwe, oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di ruang Unit Layanan Administrasi (ULA) Balai Kota Ambon, Selasa (1/9).

Pelantikan Soysa sebagai raja, sesuai Surat Keputusan (SK) nomor 395 tahun 2020. Disela-sela pelantikan, walikota dua periode ini mengingatkan Soysa terkait fungsi dan peran sebagai raja negeri adat. Karena, amat dibutuhkan seorang pimpinan untuk memperhatikan negeri/desa adat.

Bukan hanya Raja, kata Richard, tapi kepala-kepala adat maupun masyarakat adat dan Pemerintah Kota, juga terlibat penting untuk memajukan sebuah negeri adat yang ada dalam wilayah Kota Ambon.

Dituturkan, Pemkot terus melihat seluruh kebijakan yang mengatur dalam Peraturan Daerah (Perda), untuk memproteksi kearifan lokal di Kota Ambon.

Sehingga, dengan adanya seorang raja defenitif, Pemkot mengharapkan bisa membangun negeri dengan teritori kecil menjadi lebih baik dan enak dipandang oleh para wisatawan dari luar daerah.
“Negeri adat yang belum mempunyai raja, secepatnya diselesaikan dengan cara baik di PTUN. Hal ini dibutuhkan agar tidak menjadi alasan ketika proses pelantikan seorang raja defenitif,” pesannya.

Tempat yang sama, Soysa mengatakan, bagi anak-anak dusun yang belum dilantik dalam waktu tempo, akan dilakukan pelantikan secara adat kepada mereka.

Lebih jauh, kata dia, bahwa Pemkot tidak pernah cuek dengan permintaan masyarakat. Buktinya, sejak Maret 2020 sampai kini, Pemkot tepati janji untuk melantik dirinya sebagai raja.

Sekedar tahu, proses pelantikan tersebut berjalan aman dan lancar tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Yakni jaga jarak dan penggunaan masker menjadi prioritas.
(BKA-1)

Comment