by

Walikota Launching Duta Perubahan Perilaku

Ambon, BKA- Demi mencegah penularan Covid-19 kepada masyarakat, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melaunching Duta Perubahan Perilaku (DPP), disela-sela kegiatan Sosialisasi Perubahan Perilaku secara virtual, yang dipusatkan di kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau, Selasa (2/11).

Politisi Senior Golkar ini mengaku, sebanyak 300 DPP yang diangkat untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, guna menekan tingkat penyebaran virus mematikan tersebut.

Menurutnya, merubah perilaku masyarakat di tengah pandemi, bukan hal yang amat mudah. Apalagi, sejumlah masyarakat sudah tidak percaya dengan Covid-19.

“Untuk itu kerjasama, koordinasi serta partisipasi semua lapisan masyarakat sangat dibutuhkan di tengah pandemi ini,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, kondisi pandemi saat ini, amat penting untuk masyarakat menerapkan perubahan tatanan kehidupan baru dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam kondisi seperti ini maka perubahan perilaku sangatlah penting. Kepatuhan untuk menjalankan protkol kesehatan dapat memutus rantai penyebaran dan menekan angka penyebaran Covid-19,” tutur dia.

Richard juga menyebutkan, baik pemerintah maupun berbagai elemen masyarakat, dapat berupaya untuk memutus penyebaran Covid-19. Dan tidak membiarkan virus Corona menguasai sendi kehidupan manusia. Karena Covid-19 tidak tampak, maka alangkah baiknya harus mengedepankan protokol kesehatan agar tidak terpapar.

“Intinya 4M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan) menjadi startegi utama yang harus dilaksanakan masyarakat tanpa terkecuali. Termasuk di Kota Ambon,” tegas dia.

Sekedar tahu, turut hadir dalam sosialisasi perubahan perilaku secara virtual tersebut yakni, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo dan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo. (BKA-1).

Comment