by

Wally : Perlu Sosialisasi Vaksin Covid-19

Ambon, BKA- Manfaat serta fungsi dari Vaksinasi Covid-19 di masa pandemi Covid-19, belum diketahui masyarakat kota Ambon. Sosialisasi sangat penting dilakukan Pemerintah Kota Ambon agar tidak menimbulkan keraguan serta ketakutan di masyarakat saat akan dilakukan penyuntikan vaksin tersebut.
Hal ini ditegaskan Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally, lewat rilisnya kepada koran ini, Rabu (6/1). Menurutnya, pemerintah kota harus secepatnya melakukan sosialisasi secara maksimal agar manfaat dan fungsi dari vaksinasi Covid-19 diketahui masyarakat.

“Sosialisasi vaksin Covid-19 ini perlu dilakukan, agar kecemasan dari masyarakat dapat terjawab. Karena masyarakat juga melihat informasi pada media cetak atau elektronik. Kedepan perlu disampaikan ke publik, jika walikota Ambon tidak masuk pada kriteria. Karena harus berusia 18-59 tahun, maka dimulai pada pimpinan OPD,” ungkap Wally.

Ketua DPD PKS Kota Ambon ini menilai, sesuai kriteria, pihak yang nantinya akan divaksinasi pada tahap pertama harus berusia 18-59 tahun. Yakni harus dari pejabat publik terlebih dahulu untuk memberikan contoh bagi masyarakat, sehingga membantu pemerintah kota dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saat vaksinasi akan dimulai 14 Januari 2021 mendatang di kota Ambon, yang dimulai pada tenaga kesehatan. Dan sangat penting bagi pegawai dan instansi yang bertugas pada pelayanan publik. Sampai pada tahapan yang akan dilakukan pada masyarakat, perlu sosialisasi pada masyarakat untuk menghindari kecemasan,” imbuhnya.

Dikatakan, jika DPRD Kota Ambon siap untuk divaksinasi Covid-19, maka perlu evaluasi dan pemberian data terkait hasil swab dari Dinas Kesehatan Kota Ambon kepada pimpinan DPRD. Agar dapat disampaikan kepada seluruh anggota.

“Dan yang belum melakukan tes swab, agar dilakukan kembali di gedung DPRD Ambon. Agar dapat diketahui kondisi kesehatan seluruh anggota DPRD. Dan kedepan vaksin Covid dapat dilakukan juga pada seluruh pegawai secretariat dan DPRD Ambon,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Lucky Upulatu Nikyuluw. Menurutnya, vaksinasi Covid-19 perlu diprioritaskan kepada para tenaga medis dan Satgas Covid-19 Kota Ambon. Agar dapat memberikan contoh serta edukasi bagi masyarakat.

“Dengan tibanya belasan ribu vaksin Covid-19, maka perlu diprioritaskan kepada tenaga medis dan satgas Covid-19. Sehingga memberikan contoh bagi masyarakat untuk tidak lagi khawatir dengan informasi-informasi hoaks atau yang belum tentu benar terkait efek samping dari vaksinasi Covid-19. Maka kita harap, agar sosialisasi juga diperkuat di masyarakat,” tutup Politisi PDIP ini. (UPE)

Comment