by

Wanakarta Desa Inspirasi di Lolong Guba

beritakotaambon.com – Desa Wanakarta menjadi Desa Indspirasi di Kecamatan Lolong Guba. Hal tersebut tidak terlepas dari pembangunan yang dilakukan pemerintah desa (pemdes) setempat.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanakarta, Suparno, mengungkapkan, salah satu ikon pembangunan yangh membuat desa tersebut menjadi Desa Inspirasi di Kecamatan Lolong Guba, yakni, Wanakarta Water Park (WWP).

Menurut Suparno, WWP yang dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tersebut menginspirasi sejumlah desa di Kecamatan Lolong Guba yang melakukan hal yang sama.

“Kini Desa Wanakarta adalah Desa Inspiratif di Kecamatan Lolong Guba. Bagaimana tidak, Wanakarta memiliki Wanakarta Water Park (WWP) yang dibangun melalui Dana Desa. Sekarang sudah banyak menjamur water park di desa-desa tetangga,” kata Suparno, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (15/9).

Bukan hanya itu, magister pendidikan tersebut juga mengungkapkan, Desa Wanakarta memliki jumlah penduduk yang cukup padat, sehingga masuk dalam kategori desa berkembang secara data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021.

Untuk itu, Pemdes Wanakarta akan berupaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa, melalui pembangunan yang terfokus pada sektor pariwisata dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga:
Pemdes Waeura Akan Dorong Peningkatan Sektor Pertanian

Sasaran program tersebut, katanya, untuk pengembangan wirausaha, peningkatan sumber daya manusia serta pengadaan infrastruktur desa.

“Berbagai inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Wanakarta itu, demi meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Suparno.(MG-1)

Baca juga:
Bupati Buru Ajak Masyarakat Kawal Pemilu
Baca juga: BLT DD Tahap I Desa Waprea Tuntas Disalurkan

Comment