by

Wanareja Hiasi Desa Dengan Umbul-Umbul Sambut HUT RI

BURU-BKA, Tak banyak kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Wanareja, Kecamatan Waeapo, dalam menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia (RI), 17 Aguastus 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanareja, Ahmad Ansori, mengatakan, sesuai kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemerintah kecamatan, bahwa sampai saat ini belum ada perizinan untuk menyambut perayaan HUT RI dengan melakukan kegiatan secara meriah.

Untuk itu, peringatan HUT RI tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada kegiatan yang menimbulkan keramaian atau yang berbentuk kerumunan.

“Untuk memperingati HUT RI yang ke 76 ini, memang bergantung dengan situasi dan kondisi. Jadi mungkin ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, segala sesuatu mesti harus tetap mempertahankan atau memperhatikan protokol kesehatan,” kata Ahmad Ansori, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (12/8).

Baca juga: Waepotih Prioritaskan Penguatan Penanganan Covid-19

Alasannya, kata Ahmad Ansori, karena saat ini tengah diterapkan kebijakan pembatasan kegiatan dalam menyambut HUT RI tahun ini. Sebab pandemi Covid-19 masih terus meningkat di beberapa daerah.

Untuk itu, dia meminta seluruh stakeholder Desa Wanareja supaya mengikuti kebijakan pemerintah, yakni menyambut HUT RI hanya dengan membentuk kegiatan yang tidak menimbulkan kerumunan, serta mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi Intinya, ini salah satu bentuk kegiatan yang tanpa harus mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, sehingga kesannya nanti akan terlihat pelanggaran terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: Program Pembangunan Desa Masarete Tunggu DD Tahap II

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan Pemdes Waneraja untuk menyambut HUT RI tahun ini, katanya, yakni, pemasangan Bendera Merah-Putih, umbul-umbul di depan rumah warga, pembersihan lingkungan, pengecatan gapura desa, dan lain sebagainya.

“Kami jalankan kegiatan ini sudah dari tanggal 1 Agustus kemarin, supaya ada nuansa kemeriahan sedikit, walaupun kemeriahannya itu tetap berbeda dengan tahun lalu,” pungkasnya (MG-1)

Comment